Sukses Menjadi Mitra
banner 325x300

Sukses Menjadi Mitra TPL, Johan Sitorus Berbagi Kisah Inspiratif

  • Bagikan
Johan Sitorus (2 dari kanan) menerima penghargaan saat peringatan Bulan K3 dari PT Toba Pulp Lestari karena menerapkan K3 di lingkungan kerjanya. Waspada/Ist
Johan Sitorus (2 dari kanan) menerima penghargaan saat peringatan Bulan K3 dari PT Toba Pulp Lestari karena menerapkan K3 di lingkungan kerjanya. Waspada/Ist

Tobasa (Waspada) : Kesuksesan bisa diraih siapa saja, semua orang bisa memiliki kesempatan sama untuk meraih keberhasilan. Kesempatan bukan hanya milik sebagian orang bermodal besar yang katanya lebih pengalaman dengan jam terbang tinggi. Orang muda juga berkesempatan untuk sukses lebih dini, seperti yang dijalani pemuda asal Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, ini.

Johan Sitorus, pria yang kini berusia sekitar 38 tahun ini ternyata mampu meraih kesuksesan lebih cepat di bandingkan kebanyakan orang lain. Saat ditemui di Parmaksian, usai menerima penghargaan K3 sebagai Mitra terbaik PT.TPL, Tbk, Rabu (19/2).

Johan berbagi kisah inspiratifnya kepada awak media. “Untuk sukses memulai sebuah usaha, memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan”, Ujar Johan.

Johan yang dahulu bekerja membantu orang tua dalam pekerjaan sebagai kontraktor, memberanikan diri terjun langsung meneruskan usaha orangtuanya. Bak tulisan pahlawan wanita R.A Kartini yang berjudul “ Habis Gelap Terbitlah Terang”, kepergian orangtua ke sisi Ilahi dijadikan motivasi untuk berusaha dengan keras.

Mengawali usaha dengan mengandalkan badan usaha yang memiliki sekelompok pemuda setempat, usaha yang dijalankan Johan saat itu tidak membuat dirinya cukup puas, meski sebuah perusahaan besar telah memberikan peluang usaha. Johan terinspirasi untuk menjadi seorang konraktor profesional dan mulai mengembangkan usahanya.

CV Tina Jaya yang diusung Johan memulai usaha di PT Toba Pulp Lestari,Tbk ( TPL ) dengan pengadaan tenaga kerja. “ Awalnya tenaga kerja yang saya supplai ke area Coal Peat – areal tempat bahan bakar batubara untuk pabrik – hanya 12 orang, tapi saya secara sungguh sungguh mengelolanya dengan baik” ucap Johan.

Seiring dengan tidak digunakannya bahan bakar batubara di pabrik, Johan mendapat kepercayaan untuk bekerja di bagian Elektrik untuk menangani kabel.

Perlahan namun pasti, kini CV Tina Jaya telah bertransformasi menjadi PT. Ridho Jaya Bersaudara. Johan mengakui peraturan yang mengharuskan semua perusahaan berubah menjadi PT, membawa berkah bagi dirinya. Kini PT. Ridho Jaya bersaudara mampu melakukan penagihan hingga milyaran rupiah dengan pekerjaan utama di bagian instrument.

Dalam wawancara singkat, Johan mengaku sangat terbantu dengan keberadaan PT Toba Pulp Lestari,Tbk. Menurutnya keberadaan perusahaan tersebut sangat membantu dan menguntungkan dirinya selaku kontraktor mitra bina. “Sebagai kontraktor mitra, kami merasakan keuntungan dari keberadaan perusahaan itu sendiri,” tutur Johan.

Diakui Johan, tidak bisa dipungkiri majunya Kecamatan Parmaksian tidak terlepas dari peran serta PT Toba Pulp Lestari,Tbk yang memberikan peluang pekerjaan bagi mitra dan ribuan karyawan yang bekerja di perusahaan.

Johan menegaskan jika siapapun bisa bekerja secara professional dan jujur maka akan selalu di cari untuk mendapatkan pekerjaan secara kontiniu oleh perusahaan. “Disini saya bisa merasakan langsung manfaatnya, setelah menjadi mitra PT Toba Pulp Lestari,” pungkas Johan. (crg)

  • Bagikan