Waspada
Waspada » Sudah 9 Jenazah Korban Longsor Tapsel Ditemukan
Sumut

Sudah 9 Jenazah Korban Longsor Tapsel Ditemukan

 

TAPSEL (Waspada): Hingga hari keempat pencarian korban longsor Tapanuli Selatan, Senin (3/5), tim terdiri dari BPBD, TNI, Polri, SAR dan PT. Nort Sumatera Hydro Energi (NSHE) sudah menemukan sembilan jenazah. Tiga di lokasi longsor dan enam di Sungai Batangtoru.

Kabag Humas Pemkab Tapsel Isnut Siregar kepada waspada.id mengatakan, korban yang ditemukan langsung dievakuasi ke RSUD Tapsel di Sipirok dan diotopsi. Lima jenazah sudah teridentifikasi dan dimakamkan.

Isnut mengatakan, longsor terjadi Kamis (29/4) sekitar pukul 18.30 WIB. Forkopimda dan manajemen NSHE langsung menggelar rapat koordinasi, menentukan langkah-langkah yang dilaksanakan dalam pencarian maupun evakuasi korban bencana.

Jumat (30/4) sekitar pukul 08.30 WIB, di dalam tumpukan tanah longsor ditemukan tiga korban dalam keadaan meninggal dunia. Langsung dievakuasi untuk identifikasi di RSUD Sipirok. Besoknya dimakamkan di Desa Pangurabaan Sipirok.

Dua jenazah kembali ditemukan pada hari ketiga pencarian, Minggu (2/5). Tim penelusur Sungai Batangtoru menemukannya di wilayah Mabang, Desa Muara Hutaraja, Kecamatan Muara Batangtoru. Berjarak 20 kilometer dari lokasi tanah longsor di Kecamatan Marancar.

Senin (3/5) dini hari sampai siang, tim penelusur Sungai Batangtoru menemukan empat jenazah dan semuanya telah dievakuasi ke RSUD Tapsel di Sipirok. Dari lokasi longsor di area kerja PLTA Batangtoru ke tempat penemuan jenazah berjarak 20 sampai 30 kilometer.

Pukul 02:30 WIB, tim menemukan mayat anak-anak dengan kondisi tubuh hancur di Partupangan, Desa Hutaraja , Kecamatan Muara Batangtoru. Setengah jam kemudian, berjarak 2 KM, tim menemukan mayat laki-laki sangkut di sawit pinggir sungai.

Kemudian pukul 11:30, tim menemukan mayat di pinggir sungai dengan kondisi kepala tinggal separoh lengkap dengan telinga dan bahu kanan. Pukul 13:00, tim menemukan mayat mengapung di Lingkungan I Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur.

“Enam jenazah ditemukan di Sungai Batangtoru. Berjarak dua ke tiga kecamatan dari lokasi longsor di Marancar. Yakni Kecamatan Batangtoru, Muara Batangtoru dan Angkola Sangkunur yang beberapa kilometer lagi dari Pantai Barat Samudera Indonesia,” kata Isnut.

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, sebutnya, sangat berduka dan telah meminta BPBD bersama unsur tim pencarian lainnya bekerja semaksimal mungkin. Kemudian tim harus tetap waspada terhadap bahaya yang mengancam keselamatan diri dan jiwa. (a05)

Keterangan Gambar:

TIM pencari korban longsor di Tapsel, terhitung empat hari pasca kejadian telah temukan sembilan jenazah. Berapa jumlah pasti korban nyawa akibat bencana di area PLTA Batangtoru itu belum bisa dipastikan. (Waspada/Ist)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2