Waspada
Waspada » Sualan Parapat Kembali Longsor, Akses Jalan Terpaksa Buka-Tutup
Sumut

Sualan Parapat Kembali Longsor, Akses Jalan Terpaksa Buka-Tutup

Longsor di HKBP Sualan, petugas Lantas Polsek Parapat terpaksa berlakukan buka tutup jalan. Waspada/Ist
Longsor di HKBP Sualan, petugas Lantas Polsek Parapat terpaksa berlakukan buka tutup jalan. Waspada/Ist

TOBA (Waspada): Sualan Parapat kembali longsor, akses jalan terpaksa buka-tutup. Hujan deras yang mengguyur Kota Parapat sekitarnya kembali mengakibatkan longsor. Sualan Parapat kembali longsor mengakibatkan puluhan kubik batu kerikil yang tertahan di samping Gereja HKBP Sualan akibat longsor beberapa waktu lalu kembali dibawa arus dan tumpah ke badan jalan di Jalinsum Sualan, Desa Sibaganding, Kec. Girsip, Kab. Simalungun, Senin (14/9) sekira pukul 18.30.

Akibat material longsor berupa bebatuan yang jatuh ke jalan menghambat arus lalu lintas, personel kepolisian Polsek Parapat terpaksa memberlakukan buka tutup jalan.

Kanit Lantas Polsek Parapat Iptu Henri Koto ketika dikonfirmasi Waspada mengaku hingga kini kondisi badan jalan hanya setengah yang tertimbun longsor. Menunggu bantuan alat berat tiba di lokasi, pihaknya terpaksa memberlakukan buka tutup jalan.

“Kita berharap alat berat secepatnya tiba, sehingga pembersihan material dari badan jalan bisa kita kerjakan. Kepada pengendara kami imbau untuk tetap berhati hati terkhusus kepada pengendara roda dua. Badan jalan yang licin rentan terjadi kecelakaan,” kata Hendri.

Camat Girsang Sipangan Bolon, Eva Tambunan mengaku hujan deras mengguyur Parapat sekitarnya mulai pukul 14.00 Wib dan curah hujan semakin tinggi sekira pukul 16.00.

“Bantuan alat berat sudah kita minta kepada PUPR dan mitra terdekat kita PT TPL. Kita harap segera sampai dan pembersihan bisa kita kerjakan secepatnya,” imbuh Eva.

Mengingat Parapat sekitarnya masuk dalam kategori rawan longsor, Eva Tambunan kembali mengingatkan warga agar senantiasa waspada dan berhati hati.

“Karena daerah kita rawan longsor, mohon agar kita tetap waspada. Kami juga meminta agar warga membantu kami memperhatikan dan membersihkan paret atau saluran jika ada yang tersumbat. Sekali lagi kami meminta kerjasamanya,” pungkas Eva. (a36)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2