Waspada
Waspada » STMIK Royal Sahkan Kurikulum MBKM
Sumut

STMIK Royal Sahkan Kurikulum MBKM

 

KISARAN (Waspada): STMIK Royal Kisaran mensahkan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Sabtu (17/7).

Hal itu sebagai bagian rangkaian Rapat Persiapan Instrumen Institusi dan Program Studi Tambahan STMIK Royal Kisaran Menuju Institut Teknologi dan Bisnis Royal (IT&B Royal) dengan Program Studi Baru Bisnis Digital di Singapore City Hotel, Batubara, sejak Jumat (16/7).

Hadir memberi sambutan dan arahan Ketua STMIK Royal Wan Mariatul Kifti, S.E., M.M dan Ketua Yayasan Pendidikan Royal Teladan Asahan Anda Putra Lubis, S.E., M.MA, diisi Paparan mengenai Borang Program Studi Baru oleh Dr. Mahriyuni, M.Hum selaku Sekretaris LLDIKTI Wilayah I Provinsi Smatera Utara.

Paparan Rancangan MBKM disampaikan Ketua Program Studi Sistem Informasi oleh Bapak Wiliiam Ramdan M.Kom Ketua Prodi Sistem Komputer Herman Saputra M.Kom yang direview Dr. Isda Pramuniati, M.Hum.

Pengurus Yayasan Pendidikan Royal Teladan Asahan (YPRTA) dan Pejabat Struktural mulai dari Ketua STMIK Royal, Wakil Ketua I, II dan III serta Kepala Lembaga yang ada di STMIK Royal aktif dalam kegiatan dimaksud.

“Saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat, telah membawa perubahan yang sangat pesat pula dalam berbagai aspek kehidupan. Pekerjaan dan cara kita bekerja berubah, banyak lapangan pekerjaan hilang, sementara berbagai jenis pekerjaan baru bermunculan. Perubahan ekonomi, sosial, dan budaya juga terjadi dengan laju yang tinggi,”ujar Wan Matiatul Kifti Ketua STMIK Royal.

Dikatakannya, dalam masa yang sangat dinamis ini, perguruan tinggi harus meresponse secara cepat dan tepat.

“Diperlukan transformasi pembelajaran untuk bisa membekali dan menyiapkan lulusan Pendidikan tinggi agar menjadi generasi yang unggul,” lanjutnya.

Kifti menegaskan harus dimulai membangun generasi yang tanggap dan siap menghadapi tantangan zamannya, tanpa tercerabut dari akar budaya bangsanya. Saat ini kreativitas dan inovasi menjadi kata kunci penting untuk memastikan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

Para mahasiswa yang saat ini belajar di Perguruan Tinggi, harus disiapkan menjadi pembelajar sejati yang terampil, lentur dan ulet (agile learner).

“Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi,”tandas Kifti lebih lanjut.

Ketua STMIK Royal ini mengingatkan bahwa Permendikbud No 3 Tahun 2020 memberikan hak kepada mahasiswa untuk tiga semester belajar di luar program studinya. Melalui program ini, terbuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya.

“Kita meyakini, pembelajaran dapat terjadi di manapun, semesta belajar tak berbatas, tidak hanya di ruang kelas, perpustakaan dan laboratorium, tetapi juga di desa, industri, tempat-tempat kerja, tempat-tempat pengabdian, pusat riset, maupun di masyarakat. Melalui interaksi yang erat antara perguruan tinggi dengan dunia kerja, dengan dunia nyata, maka perguruan tinggi akan hadir sebagai mata air bagi kemajuan dan pembangunan bangsa, turut mewarnai budaya dan peradaban bangsa secara langsung,”tukas Wan Mariatul Kifti MM.

Kegiatan ditutup Ketua Yayasan Pendidikan Royal Teladan Asahan, Anda Putra Lubis MMA mengingatkan agar pejabat struktural mulai dari Ketua STMIK Royal, Wakil Ketua I, II dan III serta Kepala Lembaga yang ada di STMIK Royal aktif mengikuti perkembangan IPTEK yang begitu pesat dengan dilaksanakannya kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta berbuat ikhlas demi kemajuan pendidikan khususnya di Kabupaten Asahan.(a02).

Waspada/Nurkarim Nehe
Civitas Akademika STMIK Royal Kisaran dalam Rapat Persiapan Instrumen Institusi dan Program Studi Tambahan STMIK Royal Kisaran Menuju Institut Teknologi dan Bisnis Royal (IT&B Royal) dengan Program Studi Baru Bisnis Digital dan pengesahan MBKM,di Singapore City Hotel, Batubara, sejak Jumat-Sabtu (16-17/7).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2