Waspada
Waspada » Soekirman Ajak Masyarakat Sergai Rawat Budaya
Sumut

Soekirman Ajak Masyarakat Sergai Rawat Budaya

SERDANG BEDAGAI (Waspada): Calon Bupati Soekirman mengajak masyarakat Serdang Bedagai (Sergai) senantiasa merawat budaya dengan menjaga serta melestarikan seni budaya itu sendiri.

‘’Sergai yang multietnis dan budaya ini, mari bersama kita jaga dan lestarikan,’’ sebut Soekirman ketika meresmikan Rumah Pemenangan Soekirman dan Tengku Muhammad Ryan Novandi Maju (Setuju) dan Tim Relawan Kesenian Kuda Kepang di Dusun Jeruk, Desa Melati II, Kec. Perbaungan, Jumat (23/10) pagi.

Hadir disitu, tokoh pemekaran Sergai, H OK David Purba, Ketua Relawan Setuju, Hambali Nurwahid dan sekretaris Sudarnoto, anggota tim relawan Kuda Kepang, tokoh dan masyarakat sekitar.

Selanjutnya Soekirman mengatakan, kita tidak ingin budaya tradisional kita tergerus, untuk itu mari bersama kita jaga dan lestarikan.

Soekirman mencontohkan, kalau soal budaya, orang yang paling hebat menjaga budayanya adalah orang Jepang, Cina dan Korea. ‘’Mereka lebih maju dari negara lain,’’ ujar Soekirman.

Dalam kesempatan itu, Soekirman menyebutkan bahwa budaya Jawa mengutamakan keseimbangan, keselarasan dan keserasian. ‘’Apa lagi Tim Setuju ini mayoritas orang Jawa,’’ tuturnya.

Di Desa Melati II ini, kata Soekirman, terdapat Tim Relawan Kesenian Kuda Kepang. ‘’Saya sangat mengapresiasi karena dengan kesenian Kuda Kepang ini, Tanah Bertuah Negeri Beradat Sergai ini bisa melestarikan kesenian ini agar di kenal hingga di negara lain,’’ ucapnya.

Dengan digalakkannya kesenian Kuda Kepang di Desa Melati II ini, tertanam nilai nilai leluhur budaya Jawa serta para remaja di desa ini terhindar dari bahaya narkoba, judi serta kejahatan lainnya.

‘’Karena semua kegiatan menggunakan akal sehat dan pikiran termasuk kesenian Kuda Kepang ini,’’ tandas Soekirman.(m29

Waspada/Ist
Soekirman bersama relawan Setuju dan tim kesenian Kuda Kepang saat meresmikan rumah pemenangan di Dusun Jeruk, Desa Melati II, Kec. Perbaungan, Jumat (23/10) pagi.

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2