Waspada
Waspada » Situasi Kamtibmas Jelang Pilkada Di Karo Aman Eskalasi Politik Meningkat
Sumut

Situasi Kamtibmas Jelang Pilkada Di Karo Aman Eskalasi Politik Meningkat

TANAH KARO (Waspada) : Situasi Kamtibmas menjelang Pilkada di Kabupaten Karo tetap aman dan terkendali, kendatipun semakin hari semakin mendekati pemilihan telah terjadi peningkatan eskalasi politik.
Tentunya langkah-langkah pihak Kepolisian Resort Tanah Karo untuk menciptakan dan mempertahankan situasi Kamtibmas, menjalin komunikasi dengan Ormas kepemudan, Ormas keagamaan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat.
Disamping itu, koordinasi dengan KPU Karo, Bawaslu dan Pemkan Karo tetap dilakukan demi terciptanya sinergitas Polri-TNI.
Hal ini terungkap saat percakapan Waspada dengan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indrino SH. S. IK, Jumat (20/11) di Mapolres Karo Jln. Veteran Kabanjahe.
Penyebaran informasi kegiatan kampanye para Paslon di masa pandemi Covid-19, didominasi melalui media sosial dan informasi yang muncul menjadi simpang siur, karena tidak sesuai dengan fakta di lapangan.
Bahkan kemunculan informasi itu, dapat merugikan pihak-pihak tertentu yang bisa menimbulkan kericuhan. Namun hingga saat ini kata AKBP Yustinus, belum ada para pihak yang merasa keberatan atau dirugikan, kemudian membuat laporan kepada Polres Karo.
Pada prinsipnya, Pilkada ini mengedepankan kejujuran dan keadilan untuk mewujudkan Pilkada aman dan damai.
Mendukung terwujudnya hal itu kata orang nomor satu di Mapolres T. Karo ini, pihaknya menerapkan Asta Siap yang merupakan kesiapan harus dimiliki kesatuan meliputi delapan kesiapan yang terdiri 1. Siap Pilun (siap piranti lunak adalah kesiapan produk administrasi/dokumentasi yang mendukung kegiatan pengamanan Pemilu dari tahap persiapan pelaksanaan sampai dengan pasca pengamanan Pemilu.
2. Siap Posko maksudnya kesiapan ruangan /tempat yang digunakan sebagai pusat pengendalian beserta sarana prasarana dalam rangka mendukung operasi mantap Brata. 3. Siap Latpraops adalah kesiapan kesatuan kewilayahan untuk melaksanakan pelatihan berupa terori dan praktek guna peningkatan kemapuan, keterampilan tugas kepolisian dan kesamaan pola tindak dalam pengamanan Pemilu.
Pelatihan yang berupa teori dan praktek dalam rangka kesiapan yang dilaksanakan sebelum operasi kepolisian digelar yang meliputi Latpraops mantap Brata dan Latpraops hadapi kontijensi dengan rencana garis besar pelatihan.
4. Siap Kondisi Kamtibmas adalah kesiapan kesatuan untuk melaksanakan kegiatan kepolisian guna menciptakan kondisi yang kondusif dalam mendukung penyelenggaran Pemilu.
Siap kondisikan Kamtibmas untuk menciptakan suatu keadaan di masyarakat yang bebas dari bahaya baik berupa tindakan pidana maupun pelanggaran lainya.
5. Siap Masyarakat adalah kesiapan kesatuan untuk memberdayakan masyarakat melalui kegiatan Polmas guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan kondisi Kambtibmas yang kondusif menjelang, pada saat dan pasca Pemilu.
6. Siap Kuat Pers adalah kesiapan personel , kemampuan dan perlengkapan perorangan untuk menghadapi setiap ancaman /gangguan Kamtibmas menjelang , pada saat dan pasca pengamanan Pemilu.
7. Siap Sarpras adalah persiapan peralatan utama dan peralatan khusus yang digunakan dalam pengamanan Pemilu.
8. Siap Anggaran Dalam Pengamanan Pemilu adalah kesiapan anggaran pengamanan Pemilu untuk dapat didistribusikan secara tepat sasaran dan tepat waktu serta dapat dipertanggung jawabkan mekanisme penggunaan anggaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan ditetapkan sesuai anggaran yang tersedia dalam naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) yang bersumber APBD Karo tahun 2020 sekitar Rp 4,1 miliar.
Khusus untuk pengamaman Pilkada di Kabupaten Karo kata Kapolres, personil akan disiagakan sejumlah 350 orang di tambah satu peleton yang di BKO dari Poldasu.
“Jika ada potensi kemungkinan kerawanan yang terjadi dalam suasana ini, maka personil untuk pengamanan akan ditambah sesuai kebutuhan”, jelasnya.
Kepada masyarakat pemilih diminta untuk tetap tenang dan tidak membuat kekacauan atau menyebar nada hasutan yang bisa memperopokasi Kamtibmas, baik melalui media sosial maupun secara langsung.
Kepada Paslon juga diminta untuk dapat mengendalikan pendukungnya dalam ber-Medsos, agar suasana tetap tenang dan damai menjelang, di saat dan pasca pemilu. Demikina Kapolres AKBP Yustinus Setyo Indriono SH. S. IK.
Dandim 0205/T. Karo Letkol Kav.Yuli Eko Hadiyanto S.Sos menyebutkan untuk mendukung terciptanya keamanan dan kenyamanan, jelang, saat dan pasca Pilkada, sinergitas TNI-Polri tetap terjalin dan TNI tetap menjaga netralitasnya dalam Pilkada, singkatnya.

Pemred Harian Waspada Silaturahmi Dengan
Kapolres T. Karo Dan Dandim 0205/T. Karo

Pemimpin Redaksi Harian Waspada H. Prabudi Said bersama Redaktur Sumut Waspada David Swayana bersilaturahmi dengan Kapolres Tanah Karo AKBP. Yustinus Setyo Indriono SH. S.IK dan Komandan Kodim 0205/T. Karo Letkol Kav. Yuli Eko Hadiyanto S. Sos di Mapolres Karo di Kabanjahe.
Kedatangan Pemred Waspada didampingi Redaktur Sumut dan Korwil Karo-Dairi Panitra Nedy Tarigan, disambut hangat Kapolres yang saat itu bersama Dandim 0205/T. Karo.
Kendatipun acara silaturahmi hanya berdurasi sekiatar 10 menit, namun hal itu cukup berkesan, karena suasananya masih terbawa Pandemi Covid-19. Isi pembicaraan pun tidak terlepas dari suasana Kamtibmas di Kabupaten Karo menjelang Pemilu.
Usai bersilaturahmi dengan Kapolres Tanah Karo Pimpinan Redaksi Harian Waspada juga menyambangi ruang kerja Kasat Reskrim Polres Tanah Karo AKP Adrian Risky Lubis, sebab sebelumnyapun, mereka sudah saling mengenal di Medan. (a06
Waspada/Panitra Nedy

Waspada/Panitra Nedy
Pemimpin Redaksi Harian Waspada H. Prabudi Said foto bersama Kapolres T. Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono SH. S. IK, Dandim 0205/T. Karo Letkol Kav. Yuli Eko Hadiyanto S. Sos bersama Redaktur Sumut David Swayana foto bersama usai bersilaturahmi.

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2