Waspada
Waspada » Sidimpuan Dan Siantar Tak Termasuk Wilayah Transmisi Covid-19
Sumut

Sidimpuan Dan Siantar Tak Termasuk Wilayah Transmisi Covid-19

Wilayah Transmisi Covid-19

P.SIDIMPUAN (Waspada): Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merevisi nama-nama wilayah yang masuk kategori wilayah transmisi Covid-19 di 34 provinsi se Indonesia.

Revisi itu secara khusus dilakukan terhadap daerah Prov. Sumatera Utara. Kemenkes mengeluarkan Kota Padangsidimpuan dan Pematang Siantar, sehingga hanya tinggal Kota Medan saja yang tercatat sebagai wilayah transmisi lokal Covid-19.

Revisi itu diumumkan di website Kemenkes, dengan alamat www.covid19.kemkes.go.id pada konten situasi perkembangan Covid-19 di 34 provinsi per hari Rabu (15/4).

Pada website itu dijelaskan, transmisi lokal adalah wilayah yang melaporkan kasus konfirmasi yang penularannya diketahui secara lokal di wilayahnya tersebut.

Adapun posisi per Selasa (14/3), Kemenkes mengumumkan di wilayah Prov. Sumut terdapat tiga daerah transmisi lokal Covid-19. Yaitu Kota Padangsidimpuan, Medan, dan Pematang Siantar.

Namun pada Rabu (15/4), pada website itu, Kemenkes menyebut telah terjadi revisi wilayah transmisi lokal di Prov. Sumut. Ternyata Kota Padangsidimpuan dan Pematang Siantar belum termasuk wilayah transmisi lokal.

Artinya, hanya tinggal Kota Medan saja yang ditetapkan Kemenkes sebagai wilayah dengan transmisi lokal Covid-19 di Prov. Sumatera Utara.

Wali Kota Padangsidimpuan juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Irsan Efendi Nasution mengakatakan, pihaknya baru mengetahui revisi tersebut pada Rabu (15/4) sore.

“Kemenkes yang berhak menetapkan Kota Padangsidimpuan termasuk wilayah dengan transmisi lokal atau tidak. Kita hanya lakukan pelaporan perkembangan situasi. Mengenai revisi itu, kita baru tahu sore ini,” katanya. (a27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2