Waspada
Waspada » Sidang Lanjutan Sengketa Lahan 20 Ha Di Sibolangit, Saksi Ungkap Tak Pernah Jual Tanah
Sumut

Sidang Lanjutan Sengketa Lahan 20 Ha Di Sibolangit, Saksi Ungkap Tak Pernah Jual Tanah

 

DELISERDANG (Waspada): Pihak tergugat dalam sengketa lahan sekira 20 hektar di Kecamatan Sibolangit kembali menghadirkan saksi sebanyak 4 orang, pada sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Lubukpakam, Rabu (9/6).

Sidang dipimpin majelis hakim, Makmur Pakpahan didampingi hakim anggota Pinta Uli Tarigan dan Ramauli Hotnaria Purba dengan dihadiri kuasa hukum tergugat, Ravi Ramadana serta kuasa penggugat dari PT PT Nirvana Memorial Nusantara (NMN) yaitu Lintong Oloan Siahaan, Fairly PR Siahaan dan Robert Napitupulu.

Keterangan saksi, Kita Suka Tendel (54) selaku BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Desa Rambung Baru Kecamatan Sibolangit, mengatakan, bahwa 5 orang tergugat tidak pernah menjual lahannya kepada siapapun. Hal itu disampaikannya karena 5 warganya pernah mengadu ke BPD menyampaikan bahwa tanah mereka diklaim dan dijual orang lain tanpa persetujuan mereka.

Sedangkan saksi batas tanah, Petrus Tarigan 59, warga Desa Durin Tonggal Kecamatan Pancurbatu, mengatakan bahwa tanahnya berbatasan langsung dengan tanah tergugat dan mengetahui bahwa batasnya belum berubah hingga saat ini.

Selanjutnya 2 saksi yang disebut-sebut namanya dicatat sebagai penjual tanah kepada PT NMN yaitu Terang Br Tarigan 58 dan Suriaman Ginting, keduanya mengakui bahwa pihaknya tidak pernah memiliki tanah di Desa Rambung Baru, sehingga tidak ada menjual tanah di desa itu.

Terang Br Tarigan mengungkapkan, dalam persidangan bahwa dirinya tidak pernah melakukan Akta Jual Beli (AJB) kepada PT Nirvana Memorial Nusantara (NMN).

“Dengan ini menerangkan bahwa saya tidak pernah menjual atau memiliki tanah di Rambung Baru sesuai AJB yang tertuang dalam gugatan no 227/Pdt.g 2020 SHGB Nomor 20 AJB Nomor 117/2015 SHM Nomor 466 nama pemilik sebelumnya Tenang Br Tarigan. Dan sepengetahuan saya tanah tersebut milik tergugat 4 Nungkun Gurusinga,” ungkap Terang Br Tarigan.

Sementara sebelumnya, Sementara sebelumnya, sengketa lahan sekira 20 hektar di Kecamatan Sibolangit adanya gugatan secara perdata oleh PT NMN di Pengadilan Negeri (PN) dengan perkara Nomor 227/Pdt.G/2020/PN Lbp, tanggal 12 Oktober 2020 tersebut, menggugat 5 warga Desa Rambung Baru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang yakni, Anita Sitepu, Pendi Sembiring, Elieser Sitepu, Nungkun Gurusinga dan Dalan Ukur. (a16).

Teks foto: Terang Br Tarigan usai menyampaikan kesaksiannya dalam persidangan. (Waspada/Edward Limbong).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2