Waspada
Waspada » Setelah Setahun Berlayar, KMP Ihan Batak Docking Di Parparean
Sumut

Setelah Setahun Berlayar, KMP Ihan Batak Docking Di Parparean

KMP Ihan Batak tiba di galangan kapal Parparean, Kec. Porsea, Kab. Toba untuk menjalani proses docking, Minggu (22/3). Waspada/Ist
KMP Ihan Batak tiba di galangan kapal Parparean, Kec. Porsea, Kab. Toba untuk menjalani proses docking, Minggu (22/3). Waspada/Ist

AJIBATA (Waspada) : Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Ihan Batak harus beristirahat dan menjalani proses docking (pemeriksaan) setelah setahun penuh melayani penyeberangan rute Ajibata-Ambarita, Kab. Samosir

Berdasarkan keterangan Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Pelabuhan Ajibata, M.Lumban Tobing ketika dikonfirmasi Waspada via seluler, Minggu (22/3), KMP Ihan Batak telah berhenti beroperasi sejak sertifikasinya berakhir tiga minggu lalu.

“KMP Ihan Batak akan menjalani proses docking sejak hari ini (Minggu) di galangan kapal Parparean, Kec. Porsea, Kab. Toba hingga batas waktu yang belum ditentukan. Lamanya docking itu tergantung proses penggantian alat-alat yang dilakukan teknisi, jika tidak ada halangan akan selesai dua hingga tiga minggu ke depan,” terang Tobing.

Lanjut Tobing, Proses docking menjadi sesuatu yang wajib dilakukan meski secara keseluruhan KMP Ihan Batak terlihat sehat tanpa ada gangguan. Namun, sesuai prosedur yang berlaku, KMP Ihan Batak sebagai kapal milik pemerintah harus menjadi contoh bagi kapal-kapal lainnya yang beroperasi di seluruh kawasan Danau Toba.

“KMP Ihan Batak sebagai kapal plat merah harus menjalankan seluruh proses sertifikasi yang berlaku dan menjadi contoh bagi kapal lainnya. Kita harapkan, kapal-kapal lainnya yang beroperasi di Danau Toba mengukuti langkah KMP Ihan Batak ini demi keselamatan bersama,” papar Tobing.

Untuk sementara, kata Tobing, penyeberangan Ajibata-Ambarita hanya dilayani oleh KMP Pora Pora. Meski demikian, Tobing memastikan layanan penyeberangan tidak akan terganggu, berhubung menurunnya jumlah pengguna jasa penyeberangan hingga 70 persen akibat dampak penyebaran Covid-19 (Corona Virus). (crg)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2