Seratusan Kios Di Sergai Ludes Terbakar

Seratusan Kios Di Sergai Ludes Terbakar

  • Bagikan
Sejumlah warga tampak berupaya memadamkan api yang membakar seratysan kios di Pasar Pajak Lama Perbaungan di Jl. Deli dan Jl. Kenanga Kel. Simpang Tiga Pekan Kec. Perbaungan Kab.Sergai, Kamis (16/9) pagi. (Waspada/Istimewa)
Sejumlah warga tampak berupaya memadamkan api yang membakar seratysan kios di Pasar Pajak Lama Perbaungan di Jl. Deli dan Jl. Kenanga Kel. Simpang Tiga Pekan Kec. Perbaungan Kab.Sergai, Kamis (16/9) pagi. (Waspada/Istimewa)

PERBAUNGAN (Waspada): Diperkirakan seratusan kios pasar Pajak Lama yang berlokasi di Jl. Deli dan Jl. Kenanga Kel. Simpang Tiga Pekan Kec. Perbaungan, Kab. Serdangbedagai (Sergai) ludes terbakar, Kamis (15/9) sekira pukul 06:15 WIB.

Hingga saat ini penyebab kebakaran pasar Pajak Lama Perbaungan belum diketahui secara pasti, namun menurut warga setempat diduga akibat arus pendek listrik (korsleting).

                                             

Hasil pantuan, seratusan kios dan lods yang ludes terbakar merupakan lapak pedagang yang berjualan pakaian dan sepatu, sayur mayur, buah-buahan, kios klontong, perhiasan emas, aksesoris serta makanan yang terbuat dari bahan yang mudah terbakar sehingga mempercepat menjalarnya api ke seluruh bagian kios.

Informasi diperoleh, menurut saksi Firmansyah, 41, warga Jl. Deli Kel. Simpang Tiga Pekan Kec. Perbaungan bahwa sumber api berasal dari tengah-tengah kios pedagang yang tidak ada penghuninya.

Kemudian diduga api menyambar kios sebelahnya yang merupakan kios penjualan pakaian sehingga terjadi kebakaran dan selanjutnya merembet membakar kios lainnya yaitu kios pedagang kaki lima dan rumah toko yang berjualan pakaian, sepatu, sendal, aksesoris dan buku.

Hal senada disampaikan Yamin warga sekitar bahwa kebakaran itu berlangsung sangat cepat hingga meludeskan diperkirakan seratusan kios pedagang Pajak Lama Perbaungan.

Api dapat dipadamkan setelah 5 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar), dari Pemkab Sergai 2 unit, dari Pemkab Deliserdang 2 unit serta dari PT. Indah Pontjan satu unit, yang berupaya memadamkan api selama dua jam di lokasi kejadian hingga api benar-benar padam.

Terpisah, Kepala BPBD Sergai, Hendry Suharto membenarkan terjadinya peristiwa kebakaran di Pajak Lama Perbaungan yang meludeskan seratusan kios pedagang dan pihaknya telah berkordinasi dengan Satpol PP Sergai untuk menurunkan Damkar dalam upaya memadamkan api.

Kasat Pol PP Sergai, Drs Fajar Simbolon membenarkan bahwa pihaknya sudah menurun Damkar ke lokasi untuk memadamkan api yang membakar Pajak Lama Perbaungan.

Kapolsek Perbaungan AKP V Simanjuntak melalui Kanit Reskrim Ipda Zulfan Ahmadi yang dihubungi Waspada.id juga membenarkan terjadinya peristiwa kebakaran yang melanda pajak Pasar Lama di Perbaungan .

“Data sementara ada sekitar 185 unit kios yang terbakar dengan rincian 80 unit kios merupakan bangunan pemerintah, 100 unit kios kaki lima serta 5 unit ruko, sedangkan kerugian diperkirakan mencapai satu miliar rupiah,” terang Ipda Zulfan.

Dugaan sementara imbuh Kanit Reskrim, kebakaran akibat arus pendek listrik dari bagian tengah pasar Pajak Lama yang kiosnya belum dipakai.

“Kita tengah melakukan penyidikan guna memastikan penyebab kebakaran, termasuk mengamankan barang bukti beberapa potongan kayu yang terbakar dan beberapa lembar seng yang terbakar,” tutup Ipda Zulfan.(a15/C)

  • Bagikan