Waspada
Waspada » Seorang Tenaga Medis Di Sibolga Positif COVID-19
Headlines Sumut

Seorang Tenaga Medis Di Sibolga Positif COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Sibolga, Firmansyah Hulu. Waspada/Ist
Kepala Dinas Kesehatan Sibolga, Firmansyah Hulu. Waspada/Ist

SIBOLGA (Waspada) : Seorang tenaga medis RSU FL. Tobing Sibolga dilaporkan positif COVID-19 berdasarkan hasil Tes Cepat Molekuler (TCM) yang dilakukan di RSU Daerah Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.

“Ya, berdasarkan hasil tes TCM Pertama, hasilnya positif. Sesuai prosedur, apabila ada hasil positif maka dilakukan tracing/pelacakan terhadap orang yang memiliki kontak erat dengan yang bersangkutan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sibolga, Firmansyah Hulu, Selasa (23/6).

Firman, yang juga selaku Koordinator Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Sibolga menyebutkan, pihaknya juga telah melakukan rapid test terhadap 20 orang tenaga medis dan paramedis di Rumah Sakit Umum FL Tobing Sibolga.

“Hasilnya non reaktif. Tapi telah dilakukan pengambilan Swab untuk dikirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, agar dilakukan Polymerase Chain Raction (PCR) di Rumah Sakit USU,” ujarnya.

Disebutkan Firman, berdasarkan riwayat, pasien yang dinyatakan positif COVID-19 tersebut pada 13 Juni 2020 lalu berobat jalan ke RSU FL Tobing Sibolga dengan gejala demam. Kemudian pada 16 Juni 2020, yang bersangkutan kembali datang dan berobat jalan ke RSU FL Tobing dengan gejala yang sama.

Berlanjut kembali pada 18 Juni 2020, yang bersangkutan kembali berobat ke RSU FL Tobing dan menjadi pasien rawat inap dengan diagnosa typhoid fever. Lalu pada 20 Juni 2020 dilakukan rapid test terhadap yang bersangkutan dan hasilnya reaktif, dengan gejala tambahan demam, batuk, sakit kepala, dan nyeri ulu hati.

“Pada 22 Juni 2020 yang bersangkutan dirujuk ke RSU Tarutung dan 23 Juni 2020 hasilnya keluar, yang bersangkutan dinyatakan positif COVID-19,” tutur Firman. (c03/B) 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2