Waspada
Waspada » Sengketa Lahan 20 Ha Di Sibolangit, Tergugat Hadirkan 2 Kades
Sumut

Sengketa Lahan 20 Ha Di Sibolangit, Tergugat Hadirkan 2 Kades

Suasana pada saat Pelaksana Kepala Desa Rambung Baru Kecamatan Sibolangit Sempakata Br Gurusinga memberikan kesaksiannya pada sidang di PN Lubukpakam. Waspada/Edward Limbong
Suasana pada saat Pelaksana Kepala Desa Rambung Baru Kecamatan Sibolangit Sempakata Br Gurusinga memberikan kesaksiannya pada sidang di PN Lubukpakam. Waspada/Edward Limbong

DELISERDANG (Waspada): Sidang lanjutan terkait sengketa lahan sekira 20 hektar di Kecamatan Sibolangit, dengan agenda mendengarkan saksi dari pihak tergugat di Pengadilan Negeri (PN) Lubukpakam, Rabu (19/5). Tergugat menghadirkan 2 Orang Kepala Desa sebagai saksi untuk memberikan keterangan.

Sidang perdata atas gugatan PT Nirvana Memorial Nusantara (NMN) kepada tergugat 5 warga terhadap lahan sekira 20 hektar yang digelar PN Lubukpakam dipimpin majelis hakim, Makmur Pakpahan didampingi hakim anggota Pinta Uli Tarigan dan Ramauli Hotnaria Purba, dihadiri kuasa hukum tergugat, Ravi Ramadana serta kuasa hukum penggugat Fairly PR Siahaan dan Robert Napitupulu.

Pelaksana Kepala Desa Rambung Baru Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deliserdang, Sempakata Br Gurusinga dalam keterangannya mengatakan bahwa 5 tergugat adalah warga desanya dan kelimanya memiliki tanah di lahan objek perkara yaitu di Desa Rambung Baru.

Pintu gerbang masuk PT NMN berada di Desa Rambung Baru, sedang tapal batas dengan Desa Bingkawan Kecamatan Sibolangit masih jauh dari objek perkara hingga sekira 1 Km lebih.

Selanjutnya, Kepala Desa Sembahe Kecamatan Sibolangit, Esra Warista Tarigan menjelaskan, bahwa warganya protes karena pihak PT NMN diduga mencatatkan nama warganya sebagai salah satu penerima pembayaran atas lahan yang dibeli PT NMN.

Menurutnya, seorang warganya protes karena isterinya sudah meninggal tahun 2014, namun disebut-sebut sebagai salah satu menerima pembayaran lahan berdasarkan akte jual beli Tahun 2015.

Selanjutnya, saksi Tuah Ginting mengaku, tidak pernah melakukan perikatan jual beli tanah kepada PT NMN. Dia mengaku, hingga saat ini belum pernah bertemu maupun mengenal direktur maupun pegawai dari PT NMN. (a16).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2