DELISERDANG (Waspada): Warga Negara Inggris berinisial IAJ,60 yang diduga terpapar positif Covid-19, kini dirawat di ruang isolasi RS Royal Prima Medan pernah menginap di Hotel Horison Sky Kualanamu.
Informasi dihimpun Waspada, Kamis (6/1), WN Inggris yang berprofesi sebagai awak (crew) pesawat kargo dinyatakan positif setelah melakukan uji swab PCR di Bandara Kualanamu, Selasa (4/1).
Selanjutnya, WN Inggris tersebut dibawa ke RS Royal Prima Medan untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan Covid-19. Dia berada di Bandara Kualanamu untuk beristerahat dari perjalanan panjang mulai dari Belanda dan Belgia.
WNA bersama temannya tersebut pun menginap, Senin (3/1) sekira pukul 21:50 di Hotel Horison Sky Kualanamu. Setelah itu,tamu dari PT JAS rencananya akan melanjutkan perjalanan ke Singapura. Tapi, masa berlaku surat PCR sudah kadaluarsa, sehingga harus menjalani pemeriksaan ulang.
Kemudian,Selasa (4/1), pihak PT JAS selaku groundhandling menyuruh pihak Hotel Horison Sky Kualanamu melakukan uji swab PCR kepada IAJ sekira pukul 16:00 di Bandara Kualanamu. Dan hasilnya sekira pukul 21:00 yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19.
Selanjutnya, Rabu (5/1) pukul 09:00 IAJ dievakuasi dari Hotel Horison Sky Kualanamu oleh pihak RS Royal Prima. Selama, evakuasi terjadi, tim Satgas Covid-19 bandara beserta KKP,Polsek Kawasan Bandara Kualanamu ikut mendampingi. Dan sekira pukul 10:00 IAJ meninggalkan Hotel Horison Sky Kualanamu.
Di hari yang sama pihak hotel, langsung melakukan uji swab PCR di KKP dan Klinik Asri, semua staf yang bertugas sebanyak 8 orang. Dan pagi harinya sudah mendapatkan hasilnya negatif.
Sejauh ini belum diketahui pasti, apakah WN Inggris diduga terkena virus varian baru Omicron. Untuk sementara, pasien dengan kategori orang tanpa gejala (OTG) diisolasi di RS Royal Prima Medan.
Sementara, General Manager Hotel Horison Sky Kualanamu Endrizal yang dikonfirmasi Waspada menyatakan pihaknya langsung melakukan disinfektan di seluruh area koridor yang dilalui tamu hotel WN Inggris itu dan pintu kamar tamu.
“Dan ketika tamu tersebut sudah meninggalkan kamar (check out) staf hotel juga melakukan disinfektan ke dalam kamar tamu dengan menggunakan APD lengkap dan kamar tidak dijual selama tiga hari dilakukan treatment sampai benar-benar dipastikan bahwa kamar itu sudah layak jual kembali,” katanya.
Dan seluruh linen dan peralatan yang ada di kamar tersebut disterilkan juga dengan dicuci terpisah dari barang-barang lain setelah direndam dengan disinfektan.
Endrizal menambahkan, Hotel Horison Sky Kualanamu melakukan disinfektan setiap hari ke seluruh area hotel baik di dalam kamar maupun di publik area. “Kita terus menjalankan protokol kesehatan dengan pengawasan langsung dari Satgas Covid-19 untuk memimalisir penyebaran virus Covid-19,” jelasnya. (a13/C)
Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaZRiiz4dTnSv70oWu3Z dan Google News Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News ya.