Waspada
Waspada » Satlantas Polres Karo Tindak Tegas Ratusan Kendaraan Putar Arah
Sumut

Satlantas Polres Karo Tindak Tegas Ratusan Kendaraan Putar Arah

Waspada/Panitra Nedy Kasat Lantas Polres T. Karo Iptu Agus Ita Lestari S.IK. M.Si saat meminta warga dari travel yang melintas untuk melakukan pengecekan suhu badan

TANAH KARO (Waspada): Paska lebaran hingga H+3, Satlantas Polres Tanah Karo masih berlakukan tindakan tegas terhadap ratusan kendaraan, untuk putar arah bagi wisatawan maupun warga yang memiliki KTP luar Kabupaten Karo.

Mereka yang terjaring di Pos Cek Point 1 pada ruas jalan Nasional menghubungkan Kabupaten Karo dengan Kabupaten Deli Serdang, terlebih dahulu diminta mempelihatkan KTP dan pendekatan persuasif seperti berdialog. Pengemudi diminta jujur untuk menyampaikan maksudnya melakukan perjalanan ke dataran tinggi Karo.

Hal ini ditegaskan Kasat Lantas Polres T. Karo, Iptu Agus Ita Lestari S.IK. M.Si kepada Waspada Rabu (27/5) di Pos Cek Point 1 Desa Dolu Kec. Berastagi.

Bagi pengendara yang hanya melintas di wilayah Kabupaten Karo sifatnya mendesak, maka terlebih dahulu dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh petugas kesehatan didampingi Polisi. Jika suhu badan normal, maka mereka dipersilakan melanjutkan perjalanan, jelasnya.

Kendatipun adajuga kendaraan pribadi yang lolos, umumnya mereka melintas di lokasi Cek Point pada saat malam hari ataupun saat hujan untuk mengelabuhi petugas, padahal di pos Cek Point dijaga 24 jam, kata Kasat.

Saat jam tertentu kata Kasat, petugas melakukan pengusiran terhadap pengunjung yang menumpuk di penatapen bakar jagung yang tadinya disuruh putar balik arah di Pos Cek Point, jelasnya.

Ke empat lolasi Cek Point yang menghubungkan Kabupaten Karo dengan kabupaten tetangga yakni di Desa Doulu Pasar jalan Nasional menghubungkan Kabupaten Karo dengan Kabupaten Deli Serdang.

Cek Point di Desa Suka Ndebi pada ruas jalan Provinsi menghubungkan Kabupaten Karo dengan Kabupaten Langkat. Cek Point di Desa Merek pada ruas jalan Nasional menghubungkan Karo dengan Simalungun dan ruas jalan antara Karo dengan Dairi.

Sedangkan Cek Point di Desa Lau Pakam Mardinding, ruas jalan Nasional yang menghubungkan Kabupaten Karo, Sumatera Utara dengan Kabupaten Agara, Nangroe Aceh Darusalam.

Manfaatkan Momen Pengusiaran
Bagi pengunjung yang disuruh putar arah oleh petugas di Cek Point 1, berhenti di penatapen bakar jagung. Petugas parkir dan pengusaha tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Pengunjung disuguhi pesanan makanan yang dipesan di lokasi itu.

Jupri 26 petugas juru parkir mengatakan, objek wisata Penatapan bakar jagung sudah dibukan mulai seminggu yang lalu.

Walaupun pengunjung tidak seramai yang sebelum-sebelumnya, tetapi momen disuruh putar balik arah dimanfaatkan mengisi objek wisata itu, jelasnya.(a06)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2