Waspada
Waspada » Sandi dan Komisi X DPRRI Kunker ke Danau Toba, Samosir
Sumut

Sandi dan Komisi X DPRRI Kunker ke Danau Toba, Samosir

SAMOSIR (Waspada) : Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif fokus menggarap dan memacu berbagai peningkatan kualitas pada Destinasi Super Prioritas khususnya Danau Toba di Sumatera Utara.
Hal itu disampaikan Menparekraf Sandiaga S. Uno dalam kunjungan kerja (Kunker) bersama Komisi X DPR RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua Dede Yusuf bersama rombongan ke Kawasan Danau Toba.

Rombongan Menteri dan Komisi DPR RI disambut oleh Plh. Bupati Samosir Drs. Jabiat Sagala, di Hotel Samosir Cottages, Tuktuk Siadong, Samosir, Jumat-Sabtu (26-27/3).

Turut hadir anggota Komisi X yang lain yakni Hetifah Sjaifudian, Sofyan Tan, Obon Tabroni, Ratih Megasari, Ledia Hanifa, dan Dewi Coryati.

Dalam upaya itu, Sandiaga juga mengajak Komisi X DPR-RI agar turut berkontribusi meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pariwisata dan ekonomi kreatif di Danau Toba.

“Pengembangan juga termasuk kapasitas SDM untuk menyambut wisatawan nusantara ataupun wisman yang harus berjalan beriringan,” ujar Sandiaga.

Dengan membangun kapasitas SDM di Danau Toba, Sandiaga berharap akan muncul semangat dan harapan serta memupuk motivasi kebangkitan dan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi paling berat.

“Kita perlu kolaborasi bersama agar protokol kesehatan di sektor parekraf bisa diterapkan dengan tegas dan disiplin,” imbuh Menparekraf Sandiaga Uno.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR-RI Dede Yusuf menuturkan kunjungannya ke Danau Toba bersama Sandiaga Uno merupakan upaya untuk ‘belanja’ masalah dan melihat langsung kondisi dari salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) yang menjadi fokus pembangunan pemerintah.

Dede Yusuf menyebut ada sejumlah hal yang harus dipersiapkan sebelum menyulap Danau Toba sebagai destinasi unggulan, khususnya terkait SDM dan fasilitas yang mendukung kompetensi SDM itu.

Ia menegaskan Komisi X DPR-RI akan berkoordinasi dengan Kementerian dan Lembaga lainnya secara aktif untuk mendorong kesiapan Danau Toba sebagai destinasi unggulan yang masuk dalam proyek Destinasi Super Prioritas (DSP).

Dede Yusuf juga meminta kepala daerah terkait meningkatkan peran dan tanggung jawabnya agar bisa menata hingga mengelola destinasi tersebut sehingga ekspektasi dari pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa terwujud.

Plh. Bupati Samosir Jabiat Sagala, menyampaikan selamat datang di Samosir kepada Menparekraf dan Komisi X DPR RI beserta rombongan.

Jabiat menyampaikan, dalam upaya memacu pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba, khususnya Samosir sebagai jantungnya, Pemkab Samosir siap bekerja keras, termasuk pembenahan di sektor SDM.(cts)


Keterangan Foto:
Bupati dan Wakil Bupati Samosir terpilih Vandiko Timotius Gultom-Martua Sitanggang, menyematkan kain khas (Ulos) Batak kepada Menparekraf Sandiga Una dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf, saat melakukan kunjungan kerja ke Danau Toba, Samosir. (Waspada/Tumpal P Sijabat)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2