Sambut HUT Ke-151, Pemko Pematangsiantar Ziarah Ke Makam Raja Sangnaualuh

  • Bagikan

            PEMATANGSIANTAR (Waspada): Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-151, Pemko Pematangsiantar ziarah ke makam Raja Sangnaualuh Damanik di Kab. Bengkalis, Prov. Riau.

Ziarah langsung dipimpin Plt Wali Kota Susanti Dewayani, didampingi Sekda Budi Utari, Ketua Dekranasda H. Kusma Erizal Ginting, beberapa pimpinan OPD Pemko dan para tokoh adat seperti disampaikan Plt Kadis Kominfo L. Pardamean Manurung, Rabu (20/4).

Rombongan Plt Wali Kota berangkat dari Pematangsiantar menuju Bengkalis, Minggu (17/4) melalui jalur darat dan tiba di Bengkalis, Senin (18/4) pukul 10:40.

Ketika tiba di di Bengkalis, rombongan Plt Wali Kota disambut Sekda Pemkab Bengkalis Bustami bersama isteri dan jajarannya di rumah dinas Sekda Bengkalis pukul 17:30 dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Menurut Plt Wali Kota, baru pertama kali rombongan Wali Kota Pematangsiantar melakukan ziarah ke makam Raja Sangnaualuh yang dimakamkan di Bengkalis, melalui jalur darat.

“Kunjungan ini untuk membangun silaturahmi dan memperkuat tali persaudaraan Pemko Pematangsiantar dengan Pemkab Bengkalis serta saling menjaga dan merawat warisan budaya leluhur yakni Raja Sangnaualuh yang dimakamkan di Bengkalis,” imbuh Plt Wali Kota.

Dalam pertemuan antara dua pemerintahan itu diisi dengan saling tukar menukar cendramata, dimana Pemko Pematangsiantar memberikan plakat Becak BSA yang merupakan ciri khas Pematangsiantar dan Pemkab Bengkalis memberikan plakat Ikan Terubuk yang merupakan ciri khas Bengkalis.

Sekda Pemkab Bengkalis menyambut hangat silaturahmi itu dan berharap dapat berlanjut sampai kepada anak cucu kedua belah pihak.

Selanjutnya, pada Selasa (19/4) pukul 08:15, rombongan Plt Wali Kota melaksanakan ziarah ke makam Raja Sangnaualuh dan langsung didampingi Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso beserta jajarannya.

Wakil Bupati Bengkalis menyatakan bangga dan terharu atas kunjungan Plt Wali Kota bersama Sekda, Ketua Dekranasda, beberapa pimpinan OPD Pemko dan tokoh adat Pematangsiantar.

“Kami mengucapkan selamat Hari Jadi Pematangsiantar ke-151. Semoga, Pematangsiantar menjadi kota yang maju dan berkembang perdabannya,” harap Wakil Bupati Bengkalis.

Seperti diketahui, Raja Sangnaualuh Damanik merupakan raja terakhir di Pematangsiantar dan penabalannya sebagai raja pada 1871 dijadikan sebagai hari jadi Pematangsiantar, diasingkan pemerintah Hindia Belanda ke Bengkalis, karena memberontak terhadap pemerintah Hindia Belanda serta akhirnya meninggal dan dimakamkan di pengasingannya.(a28).

Keterangan foto:

Dalam menyambut HUT Kota Pematangsiantar ke-151, Pemko dipimpin Plt Wali Kota Susanti Dewayani (paling kanan) didampingi Sekda, Ketua Dekranasda, beberapa pimpinan OPD Pemko dan tokoh adat melakukan ziarah ke makam Raja Sangnaualuh Damanik di Kab. Bengkalis, Prov. Riau, Selasa (19/4) dan dihadiri Wakil Bupati Pemkab Bangkalis H. Bagus Santoso (dua kiri) dan jajarannya.(Waspada-ist).

Tukar menukar cendramata dilakukan Plt Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani dengan Sekda Pemkab Bengkalis, Prov. Riau Bustami di rumah dinas Sekda Bengkalis saat bersilaturahmi dan buka puasa bersama, Senin (18/4) sebelum rombongan Pemko Pematangsiantar melakukan ziarah ke makam Raja Sangnaualuh Damanik, Selasa (19/4).(Waspada-ist).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.