TAPUT (Waspada) : Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tarutung tuan rumah pelaksanaan diskusi monitoring dan evaluasi survey persepsi kualitas pelayanan (SPKP) dan survey persepsi anti korupsi (SPAK) yang diselenggarakan Bidang Hak Azasi Manusia (HAM) dari Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara (Kanwil Kemenkumham Sumut), Senin (19/2).
Kegiatan dihadiri Kepala Bidang HAM, Flora Nainggolan dan Kepala Sub Bidang Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM, Bram Gun Saulus Lumban Gaol, beserta staf.
Kepala Rutan Kelas IIB Tarutung, Ismet Sitorus melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, M.Nurdin Tanjung kepada Waspada, Senin (19/2) mengatakan, tujuan kegiatan itu adalah untuk melaksanakan monitoring pelaksanaan Survey Persepsi Kualitas Pelayanan dan Survey Persepsi Anti Korupsi (SPKP-SPAK) di Rutan Kelas IIB Tarutung yang di ikuti seluruh unit pelaksana teknis lingkup Kanwil Kemenkumham Sumut secara daring dan luring.
M.Nurdin menjelaskan, kegiatan monitoring dan evaluasi ini dalam rangka pengukuran secara komprehensif tentang kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan jajaran Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara serta pemetaan persepsi pengguna layanan terkait usaha pencegahan korupsi.
“Survey 3As bertujuan memperkenalkan perubahan isi dan tampilan aplikasi terbaru survey 3As dimana pelaporan yang dilakukan setiap triwulan yang akan menjadi sarat utama data dukung dalam penilaian WBK dan WBBM,” sebut M.Nurdin Tanjung.
Dalam kesempatan itu, kata M. Nurdin, Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Sumut, Flora Nainggolan menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaan survey SPKP dan SPAK, khususnya Rutan, Lapas, dan Kanim, diharapkan menyampaikan responden untuk setiap bulanya jangan hanya sesuai standar minimal, yaitu 30 responden, namun diharapkan lebih di maksimalkan lagi setiap bulannya.
“Dengan dilaksanakannya kegiatan survei ini maka transparansi dan keterbukaan atas layanan publik di unit pelaksana teknis diharapkan dapat memberikan penilaian yang objektif dan tepat sasaran,” pesan Flora Hutagalung, ditirukan M.Nurdin Tanjung.
M. Nurdin Tanjung menambahkan, Flora juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik kepada pengguna jasa layanan yang di nilai berdasarkan indikator-indikator yang tercantum dalam survey online.
“Para pejabat struktural Rutan Kelas IIB Tarutung sebagai pengemban tugas layanan masyarakat menyambut baik verifikasi lapangan ini,” tandas M.Nurdin Tanjung.(chp)