Waspada
Waspada » Rumah Warga Masih Digenangi Banjir
Headlines Sumut

Rumah Warga Masih Digenangi Banjir

SEORANG kakek sedang menggendong cucunya karena rumahnya di Dusun III Desa Sugiharjo Kecamatan Batangkuis masih digenangi banjir, Rabu (13/1). Rumah Warga Masih Digenangi Banjir. Waspada/Khairul K Siregar
SEORANG kakek sedang menggendong cucunya karena rumahnya di Dusun III Desa Sugiharjo Kecamatan Batangkuis masih digenangi banjir, Rabu (13/1). Rumah Warga Masih Digenangi Banjir. Waspada/Khairul K Siregar

BATANGKUIS (Waspada) : Puluhan rumah warga Desa Sugiharjo Kecamatan Batangkuis masih tergenang banjir akibat hujan deras pada Senin (11/1) sore hingga malam hari.

Kepala Desa Sugiharjo Kecamatan Batangkuis, Burhanuddin, Rabu (13/1) mengatakan, banjir ini merupakan yang terparah merendam ratusan rumah warga di Desa Sugiharjo.

“Ya, ini merupakan banjir terparah memasuki awal tahun 2021 di mana dari 5 Dusun yang ada di Desa Sugiharjo ini hampir 85 persen rumah warga kebanjiran. Selain rumah, banjir juga menggenangi 2 SD masing-masing SD Negeri 107416 dan SD Negeri 104231. Namun, saya akui hingga kini ada beberapa rumah warga lagi yang masih digenangi banjir dengan ketinggian air sekitar 10 sampai 15 cm, sedangkan sebagian sudah mulai surut. Rumah saya dan Kantor Desa pun terkena banjir,” jelas Burhanuddin.

Menurut Burhanuddin, banjir yang terjadi dan menggenangi ratusan rumah warganya selain karena hujan deras sejak sore hingga malam juga karena pendangkalan pada anak sungai yang ada di desa tersebut.

Karena itu, pihaknya melayangkan surat permohonan ke Dinas terkait untuk dilakukan pengerukan pada salah satu anak sungai yang ada di daerah tersebut.

“Kita sudah melayangkan surat permohonan kepada Dinas terkait Pemkab Deliserdang untuk segera melakukan pengerukan pada salah satu anak sungai di daerah ini dengan peralatan yang dimiliki Pemkab Deliserdang. Hal ini sebagai upaya kita mengantisipasi agar hal serupa tidak terulang kembali,” jelas Burhanuddin.

Kepada warga masyarakat, atas nama pemerintah ia mengimbau untuk selalu waspada terhadap banjir susulan mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu beberapa hari terakhir. (a14/B)

 

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2