Waspada
Waspada » RSUD Sidimpuan Siapkan 4 Ruangan Isolasi
Kesehatan Sumut

RSUD Sidimpuan Siapkan 4 Ruangan Isolasi

Wakil Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan, Rusydi Nasution (baju putih) meninjau persiapan di RSUD setempat yang ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan yang menangani virus corona.Waspada/Andi Nasution
Wakil Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan, Rusydi Nasution (baju putih) meninjau persiapan di RSUD setempat yang ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan yang menangani virus corona.Waspada/Andi Nasution

P. SIDIMPUAN (Waspada): Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Padangsidimpuan yang ditetapkan sebagai salah satu rumah sakit rujukan di Sumatera Utara yang menangani pasien virus corona (Covid 19), menyiapkan empat ruangan khusus isolasi.

Plt Direktur RSUD Padangsidimpuan, dr Tetty Rumondang menyebutkan, pihaknya telah menyiapkan empat ruangan isolasi untuk pasien yang terinfeksi virus corona.

Tetty mengatakan, ada empat ruangan khusus isolasi yang disiapkan di RSUD Kota Padangsidimpuan. Ruangan isolasi ini berada di dekat mushola atau eks kamar dokter muda (dokter koas) yang bertugas di RSUD tersebut.

Tindakan berikutnya, katanya, petugas medis akan diberangkatkan ke Kementerian Kesehatan RI untuk mengikuti pelatihan serta mengambil sarana-prasarana yang dibutuhkan dalam menangani kasus virus corona.

Petugas sedang membersihkan ruangan yang rencananya dipersiapkan sebagai ruangan isolasi di RSUD Padangsidimpuan.Waspada/Andi Nasution
Petugas sedang membersihkan ruangan yang rencananya dipersiapkan sebagai ruangan isolasi di RSUD Padangsidimpuan.Waspada/Andi Nasution

“Kalau saat ini rapatnya masih penyiapan ruangan, untuk pengobatan dan tindakan medisnya belum. Alat perlindungan medisnya pun belum ada, tapi setelah pelatihan dari Jakarta baru ada itu. Dan pekan depan akan kita kirim dokter 2 orang yakni dokter spesialis paru-paru dan dokter spesialis penyakit dalam serta 1 orang petugas laboratorium,” jelasnya.

Tetty juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar jangan khawatir dan tetap menerapkan tips kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“Kalau di wilayah kita sampai sekarang belum ada kasus itu, walaupun begitu kita harus siap-siap, karena begitu cepatnya lalulintas manusia ini. Kita pelan-pelan menyiapkannya, untuk sarana dan prasarana kita masih berharap dari Kemenkes,” tuturnya.

DPRD: Persiapan Belum Memadai

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangsidimpuan, Rusydi Nasution bersama beberapa anggota DPRD diantaranya Mochammad Halid Rahman dan Mukhtar Shabri Nasution dari Fraksi Gerindra dan Abdurrahman dari Fraksi Demokrat, Selasa (3/3) sore berkunjung ke RSUD Padangsidimpuan untuk melihat kesiapan dalam rangka penanganan corona.

Rusydi Nasution menyebutkan, setelah melihat langsung, ruangan yang dipersiapkan sebagai ruang isolasi dinilai tidak layak.

“Ruangan yang dipersiapkan sebagai ruang isolasi ini bukanlah ruangan yang tertutup rapat. Saya rasa ini tidak pantas dipergunakan sebagai ruang isolasi,” tuturnya.

Dia juga meminta pihak RSUD Padangsidimpuan serius untuk berbenah dan mempersiapkan segala sesuatunya sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanganan virus corona.

“Kasus ini termasuk kejadian luar biasa dan kita sebagai lembaga rakyat siap untuk bersinergi. Karenanya kita minta pemerintah dan RSUD setempat serius dalam melakukan persiapan termasuk dari ruang isolasi hingga petugas medis dan peralatannya diantaranya baju pelindung diri,” sebutnya. (a27/c02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2