Waspada
Waspada » Remaja Tewas Tenggelam Di Pantai Sunset Beach Tambunan
Sumut

Remaja Tewas Tenggelam Di Pantai Sunset Beach Tambunan

Kolase upaya pertolongan pertama diberikan pemuda setempat kepada korban, sayang korban tidak tertolong dan meninggal dunia. Waspada/Ramsiana Gultom

 

TOBA (Waspada) : Seorang remaja bernama Dian Boru Tambunan,13, meninggal dunia akibat tenggelam saat liburan tahun baru di Sunset Beach Tambunan Lumban Gaol, Kec. Balige, Kab. Toba, Sabtu (2/1) sekira pukul 14.00 Wib.

Berdasarkan keterangan Kepala Desa Tambunan Lumba Gaol, Eduward Tambunan menuturkan kejadian berawal saat korban berenang bersama adik laki-lakinya dan beberapa sesepunya menggunakan ban. Angin kencang mengakibatkan ombak yang cukup besar, lalu ban milik adik korban terlepas.

Korban berusaha menolong adiknya, sayangnya ban yang dipakainya juga ikut terlepas. Beberapa penjaga pantai yang melihat adik korban tenggelam langsung menolong adik korban. Adiknya berhasil diavakusi dan selamat.

Sayangnya, adik korban tidak langsung memberitahu kalau kakaknya masih berada di dalam danau, selang waktu cukup lama sampai adiknya sadar kakaknya masih belum ditemukan.

“Adiknyapun langsung meminta beberapa pemuda untuk mencari kakaknya. Penjaga pantai dibantu beberapa orang pengunjung langsung melakukan pencarian, sampai akhirnya korban ditemukan sekira 20 meter dari bibir pantai pada kedalaman berkisar 1 meter,” papar Eduward.

Kepada korban  langsung diberikan pertolongan pertama, beberapa pemuda berusaha mengeluarkan air dari tubuh korban, namun sayang korban tidak tertolong dan korban lalu dilarikan ke RSU HKBP.

Berdasarkan keterangan dokter jaga RSU HKBP, dr Budiman mengatakan bahwa korban sudah meninggal saat tiba di RSU HKBP.

“Kita coba memompa jantungnya tapi karena memang sudah tidak ada denyutnya saat tiba di sini sudah tidak tertolong lagi dan kita juga melakukan perekaman jantung ternyata tidak ada tanda-tanda penyebab kematian lain. Jadi dipastikan meninggal karena tenggelam,” ujarnya.

Kapolsek Balige, AKP Agus Salim Siagian ketika dikonfirmasi Waspada membenarkan adanya peristiwa tersebut. Dikatakannya, korban meninggal akibat tenggelam dan saat ini sudah dibawa ke rumah duka di Desa Tambunan Baruara Kec. Balige, Kab. Toba.

“Korban sudah kita bawa ke rumah duka, semoga keluarga tetap tabah atas kejadian ini,” ucap Agus.

Secara khusus kepada seluruh pengunjung yang sedang berwisata dan akan berwisata ke Danau Toba terutama kawasan Balige sekitarnya dihimbau agar berhati-hati dan mengutamakan keselamatan.

“Sebaiknya tidak mandi di area yang sudah dilarang. Informasinya, korban sebelumnya sudah diingatkan penjaga pantai agar tidak berenang terlalu jauh, namun diabaikan. Musim penghujan dan angin kencang sudah diingatkan oleh BMKG akan terjadi sampai satu bulan ke depan, tentu ombak juga akan besar. Jadi tolong agar lebih berhati-hati,” himbaunya. (a36)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2