Waspada
Waspada » Ratusan Rumah Warga Deliserdang Kebanjiran
Headlines Sumut

Ratusan Rumah Warga Deliserdang Kebanjiran

BANJIR yang menggenangi Jl Mesjid Dusun II Desa Sugiharjo Kecamatan Batangkuis, Selasa (12/1). Ratusan Rumah Warga Deliserdang Kebanjiran. Waspada/Khairul K Siregar
BANJIR yang menggenangi Jl Mesjid Dusun II Desa Sugiharjo Kecamatan Batangkuis, Selasa (12/1). Ratusan Rumah Warga Deliserdang Kebanjiran. Waspada/Khairul K Siregar

DELISERDANG (Waspada) Ratusan rumah warga di Kabupaten Deliserdang kebanjiran, Selasa (12/1). Banjir yang menggenangi rumah warga akibat hujan deras yang mengguyur daerah ini pada Senin (11/1) sore hingga malam.

Adapun rumah warga Deliserdang yang kebanjiran akibat hujan deras itu masing-masing di Kecamatan Batangkuis dan Percut Seituan. Untuk Kecamatan Batangkuis yakni Desa Batangkuis Pekan, Bintang Meriah, Mesjid dan Desa Sugiharjo. Sedangkan di Kecamatan Percut Seituan yakni Desa Sei Rotan. Ketinggian air 40 sampai 50 cm.

Aidan Sahputra, 31, warga Sei Rotan menjelaskan hujan deras terjadi sejak Senin (11/1) sore hingga malam. “Kalau hujan deras, daerah ini menjadi langganan banjir termasuk rumah saya bahkan airnya sampai ke badan jalan,” kata Aidan.

Menurutnya, selain karena hujan deras, air yang menggenangi rumah warga juga karena drainase kurang berfungsi dan banyak sampah sehingga air sulit mengalir dan melimpah ke badan jalan. Karenanya, atas nama masyarakat, Aidan meminta kepada pejabat terkait di Pemkab Deliserdang untuk membuat drainase agar air mengalir lancar dan rumah warga tidak lagi mengalami kebanjiran.

Sementara itu, banjir yang menggenangi rumah warga di Kecamatan Batangkuis terparah berada di Desa Sugiharjo. Kepala Desa Sugiharjo Kecamatan Batangkuis Burhanuddin menjelaskan bahwa ini merupakan banjir terparah dimana hampir 85 persen rumah warga kebanjiran.

“Dari 5 Dusun di Desa kita semuanya kebanjiran. Selain rumah warga banjir juga menggenangi 2 SD masing-masing SD Negeri 107416 dan SD Negeri 104231,” jelas Burhanuddin seraya menambahkan pihaknya membuka dapur umum di Puskesmas Pembantu Dusun I. (a14/B)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2