Ratusan Rumah Di Pasar Bawah Serbelawan Terendam Banjir - Waspada

Ratusan Rumah Di Pasar Bawah Serbelawan Terendam Banjir

  • Bagikan

SIMALUNGUN (Waspada): Banjir besar kembali melanda lingkungan Pasar Bawah Kelurahan Serbalawan Kec. Dolok Batunanggar, Kab. Simalungun, menyusul hujan deras yang turun, Sabtu (20/11) hingga jelang tengah malam. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun hujan deras membuat sungai Serbelawan yang ada di kawasan tersebut meluap, sedikitnya 120 rumah warga terendam, berikut bangunan sekolah dan lainnya. Bahkan banjir dilaporkan mencapai ketinggian 3 meter.

Warga bergotong royong membersihkan tembok pagar Masjid Taqwa Bandar Selamat yang ambruk akibat luapan banjir Sungai Serbelawan, Sabtu (20/11) malam.(Waspada/Hasuna Dmk).

“Banjir kali ini merupakan terbesar, ketinggian air mencapai 3 meter. Selain merendam rumah, banjir juga menyebabkan banyak perabotan rumah ikut hanyut terbawa arus,” terang Jamal Damanik warga setempat.

Dikatakan, air bah mulai mulai naik jelang pukul 24.00. Sebelumnya hujan deras melanda di kawasan hulu sungai yang menyebabkan sungai yang ada di sekitar itu meluap hebat.

Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Simalungun, Bob Presly Saragih, dikonformasi Minggu (21/11), membenarkan peristiwa banjir yang merendam ratusan rumah warga di kawasan Pasar Bawah Kelurahan Serbelawan.

“Pihak BPBD Simalungun telah turun ke lokasi dan memberikan bantuan berupa mobil damkar untuk membantu membersihkan rumah warga, sekolah dan rumah ibadah yang turut terendam banjir,” kata Saragih, sembari mengatakan kejadian banjir sudah dilaporkan kepada Bupati dan Wakil Bupati Simalungun. 

“Ke depan masalah banjir ini akan dibahas dengan instansi terkait, sehingga didapatkan solusi mengatasinya,” tandasnya lagi.

Selain merendam ratusan rumah dan sekolah, banjir tersebut juga merusak pagar rumah warga dan pagar masjid menjadi ambruk. Begitupun aspal yang ada juga ikut terkelupas. Pasca banjir warga terlihat membersihkan rumah dan menjemur perabotan rumah tangga yang sempat terendam banjir. (a27)..

Keterangan Foto Utama : Warga Pasar Bawah Serbelawan terdampak banjir membersihkan rumah dan menjemur perabotan rumah tangga di halaman masing-masing, Minggu (21/11).(Waspada/Hasuna Dmk).

  • Bagikan