Ratusan Buruh Deliserdang Unjukrasa Ke Polres Binjai

  • Bagikan
Ratusan buruh yang berasal dari daerah Deliserdang memasuki halaman Polres Binjai.(Waspada/Nazelian Tanjung)
Ratusan buruh yang berasal dari daerah Deliserdang memasuki halaman Polres Binjai.(Waspada/Nazelian Tanjung)

BINJAI (Waspada) : Ratusan buruh yang tergabung dalam organisasi buruh F.SPTI – K.SPTI Kabupaten Deliserdang unjukrasa ke Polres Binjai menyuarakan aspirasi dan tuntutannya mereka, Selasa (25/1) terkait beberapa anggotanya yang ditahan oleh pihak Kepolisian.

Ketua DPC F.SPTI – K.SPSI Deliserdang, Samuel Manurung, dalam orasinya meminta kepada aparat penegak hukum bersikap adil dan membebaskan anggotanya yang ditahan.

“Kami sebagai buruh bongkar muat merasa dikriminalisasi. Kami datang ke sini untuk meminta keadilan,” ungkap Samuel didampingi para pengurus DPC F.SPTI – K.SPSI Kabupaten Deliserdang serta ratusan anggotanya saat menggelar orasi di depan Mapolres Binjai.

Banyaknya massa buruh yang datang, akhirnya pihak Polres Binjai mempersilahkan 7 orang perwakilan mereka untuk berdiskusi serta bermusyawarah, serta diterima langsung oleh Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting.

Diakui Kapolres Binjai usai melakukan pertemuan dengan perwakilan DPC F.SPTI – K.SPSI Deliserdang, bahwa mereka memahami dan mengerti serta menghormati proses hukum yang ada.

“Kalaupun ada keluhan atau kecurigaan, sudah difasilitasi negara. Bersyukur mereka berjanji kepada kita untuk melakukan evaluasi kembali dan nanti akan lihat upaya upaya hukum,” tegas Kapolres Binjai.

Kapolres juga menegaskan, dalam pertemuan tersebut, ada beberapa tuntutan yang disampaikan oleh pengurus DPC F.SPTI – K.SPSI Deliserdang.

“Diantaranya sesama mereka yang ada di organisasi buruh menyampaikan bahwa mereka yang resmi. Namun hal itu bukan ranah kita dan itu kita kembalikan bagaimana nantinya,” ucap Kapolres Binjai.

Walaupun demikian, Kapolres tetap berterima kasih kepada DPC F.SPTI – K.SPSI Deliserdang, karena melakukan aksi dengan damai.

Sedangkan terkait adanya rekan mereka yang ditahan petugas Kepolisian, Kapolres Binjai menegaskan bahwa itu merupakan proses hukum dan sekarang sedang berjalan.

“Seperti tadi saya sampaikan, prosesnya sudah sampai Kejaksaan, jadi biarkan hukum yang berjalan. Begitupun bagi mereka yang mungkin merasa keberatan dengan penanganan itu, ada jalur-jalur atau upaya hukum lainnya,” kata AKBP Ferio Sano Ginting.

Saat disinggung apakah para pengurus DPC F.SPTI – K.SPSI Deliserdang akan kembali menggelar aksi dikarenakan ratusan buruh tersebut selanjutnya akan bergerak ke Mapoldasu, Kapolres Binjai menjelaskan bahwa mereka ke sana terkait status organisasinya.

“Ke Polda bukan masalah ini, karena masalah ini sudah terjawab dengan saya. Mereka ke Polda terkait kepengurusan organisasi mereka sekaligus untuk memberitahu pihak Polda juga,” tegas Kapolres Binjai(a03)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.