RAPBD Humbahas TA 2022 Rp1,06 Triliun

RAPBD Humbahas TA 2022 Rp1,06 Triliun

  • Bagikan
WAKIL Bupati Humbahas, Oloan Paniaran Nababan menyampaikan NP. R-APBD TA 2022 kepada Ketua DPRD Ramses Lumban Gaol. Waspada/Ist
WAKIL Bupati Humbahas, Oloan Paniaran Nababan menyampaikan NP. R-APBD TA 2022 kepada Ketua DPRD Ramses Lumban Gaol. Waspada/Ist

DOLOKSANGGUL (Waspada):  Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Kab. Humbang Hasundutan (Humbahas) Tahun Anggaran (TA) 2022 sebesar Rp1.060.777.338.393.

Bupati Humbahas melalui Wakil Bupati, Oloan Paniaran Nababan pada paripurna DPRD dalam agenda penyampaian nota pengantar bupati atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD TA 2022 di Gedung DPRD, Kompleks Tano Tubu, Doloksanggul, Senin (18/10) mengatakan, penyusunan Ranperda APBD TA 2022  berdasarkan RKPD dan Rancangan KUA PPAS TA 2022. Dalam konteks anggaran, baik proyeksi pendapatan, belanja maupun pembiayaan secara normatif telah disusun sesuai peraturan yang berlaku.

Dijelaskan, belanja daerah yang dianggarkan pada Ranperda APBD TA 2022 adalah sebesar 1.060.777.338.393. Dalam nota keuangan, bahwa secara umum belanja daerah dalam Ranperda APBD TA 2022 dibagi atas belanja operasi, belanja modal, belanja tidak terduga dan belanja transfer.

Belanja operasi antara lain belanja pegawai, belanja barang dan jasa, belanja hibah dan belanja bantuan sosial. Belanja modal antara lain belanja modal tanah, belanja modal peralatan dan mesin, belanja modal gedung dan pembangunan, belanja modal jalan, irigasi dan jaringan, belanja modal aset tetap lainnya.

Ranperda  APBD 2022 disusun secara anggaran berimbang dan dinamis. Seluruh proyeksi baik pendapatan belanja maupun pembiayaan diharapkan dapat secara efektif menstimulasi pertumbuhan ekonomi, meningkatkan Produk Domestic Regional Bruto (PDRB) dan menurunkan angka pengangguran, ketimpangan dan kemiskinan di Kab. Humbahas.

Dalam nota keuangan digambarkan perencanaan pembangunan daerah secara umum dan kondisi perekonomian serta latar belakang Kab. Humbahas dan Kebijaksanaan Ranperda APBD TA 2022.

Ditambahkan, akibat dari keterbatasan dana yang ada, maka masih banyak aspirasi dan gagasan yang berkembang sebagai kebijakan publik belum mampu diakomodir sedemikian rupa, sehingga belum memungkinkan untuk ditangani secara menyeluruh. “Atas dasar inilah berbagai program yang ada secara efektif melalui penajaman terhadap skala prioritas serta mengacu kepada KUA Ranperda APBD 2022 ini diupayakan untuk mengantisipasi permasalahan yang ada,” ujarnya.

Katanya, keberhasilan pelaksanaan APBD TA 2022 sangat ditentukan oleh terkendalinya stabilitas daerah yang mantap serta dinamis, meningkatnya kemampuan aparat dan peran serta masyarakat dengan insensitas yang lebih tinggi.

Pada sisi lain, terciptanya iklim berusaha yang lebih sehat, peran wirausahawan dalam melakukan investasi diberbagai bidang sehingga pada gilirannya akan menumbuhkan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan pada masa yang akan datang.

Ketua DPRD Humbahas, Ramses Lumbangaol menyampaikan  Pemkab Humbahas bersama DPRD beserta segenap elemen masyarakat terus berusaha untuk meningkatkan sumber sumber keuangan daerah.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa sumber keuangan daerah Kab. Humbahas masih sangat terbatas. Hal ini disebabkan belum maksimalnya pengelolaan setiap potensi dan sumber daya yang ada. Namun demikian, kami berharap pada tahun 2022 yang akan datang terjadi peningkatan sumber-sumber keuangan sehingga segala kebijakan yang akan dituangkan dalam Ranperda APBD TA 2022 akan berdampak terhadap peningkatan yang signifikan terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. (cas)


  • Bagikan