Waspada
Waspada » Puskesmas Kartini Pematangsiantar Ditutup
Sumut

Puskesmas Kartini Pematangsiantar Ditutup

KADIS Kesehatan Pemko Pematangsiantar dr. Ronald H Saragih.(Waspada-ist).

PEMATANGSIANTAR (Waspada): Puskesmas Kartini, Jl. Dahlia, Kota Pematangsiantar ditutup setelah dua Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di sana dinyatakan positif Covid-19.

Dua ASN itu dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19 setelah hasil uji swab mereka melalui Polymerase Chain Reaction (PCR) test diterima Dinas Kesehatan Pemko Pematangsiantar dari Dinas Kesehatan Pemprovsu. Karena itu, pelayanan Puskesmas Kartini untuk sementara, dialihkan ke Puskesmas Singosari, Jl. Singosari dan Puskesmas Raya, Jl. Raya.

Penutupan sementara Puskesmas Kartini secara resmi dilakukan melalui surat pemberitahuan No. 800/VII/7108/2020 bertanggal 8 Juli 2020 yang ditandatangani Kadis Kesehatan Pemko Pematangsiantar dr. Ronald H Saragih.

“Pelayanan Puskesmas Kartini dihentikan sementara dengan menutup Puskesmas, karena temuan kasus positif terkonfirmasi Covid-19,” jawab Kadis Kesehatan dr. Ronald H Saragih, Rabu (8/7).

Menurut dr. Ronald, untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 dan tidak menjadi episentrum baru penularan Covid-19, jadwal layanan Puskesmas Kartini ditutup selama 10 hari kerja. “Terhitung mulai 9 Juli-19 Juli 2020 dan akan aktif kembali layanan pada 20 Juli 2020 mendatang.”

“Puskesmas Kartini sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh ruangan Puskesmas, untuk memutus mata rantai penularan dan mencegah penyebaran virus Corona,” imbuh dr. Ronald.

Sebelumnya, salah seorang Lurah di Kec. Siantar Barat, diketahui terinfeksi Covid-19, hingga saat ini, Lurah itu masih dalam perawatan medis di salah satu rumah sakit.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pematangsiantar Daniel H Siregar menyebutkan kondisi Lurah itu dalam keadaan baik dan saat ini tengah menjalani perawatan intensif.

“Kondisinya cukup bagus, sesudah Lurah itu dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19 sesuai hasil pemeriksaan swab melalui PCR test,” imbuh Daniel.(a28/C).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2