Puncak Arus Balik Melalui KNIA 17.170 Orang - Waspada

Puncak Arus Balik Melalui KNIA 17.170 Orang

  • Bagikan

 

DELISERDANG (Waspada): Jumlah penumpang pada puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020/2021, Minggu (3/1) melalui Kualanamu International Airport (KNIA) sebanyak 17.170 orang. Data itu merupakan angka tertinggi di masa pandemi Covid-19, jika dibanding arus balik, sehari sebelumnya, 13.243 orang.

Informasi dihimpun Waspada, Senin (4/1), pergerakan arus balik libur Nataru di KNIA hingga saat ini masih terjadi. Layanan validasi hasil pemeriksaan rapid test oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) maupun kounter check-in tiket masih dipadati penumpang.

Para penumpang antre menjaga jarak (social distancing) dengan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Penumpang tampak nyaman antre, karena space antrean sudah disiapkan pihak PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola bandara.
Antrean panjang penumpang juga masih terjadi, tapi sejauh ini masih terkendali.Sejumlah petugas avsec dari PT AP II dibantu airlines masih tetap disiagakan memantau pergerakan penumpang.

Petugas dari otoritas bandara (otband) wilayah II Medan juga turun melakukan pemantauan di arus balik libur Nataru itu. Hanya saja, pergerakan penumpang pada Senin ini tidak seramai seperti pada puncak arus balik Minggu (3/1).
Hal itu terlihat pada pukul 11:00 tidak terlihat lagi antrean panjang penumpang seperti yang terjadi sehari sebelumnya. Meski demikian, pelayanan maksimal tetap dilakukan petugas, terutama di pintu masuk terminal bandara.

Biasanya, penumpang usai pemeriksaan bagasi di mesin X-Ray depan kounter informasi lantai II KNIA, langsung menuju ke kounter check-in tiket.
Padahal, pemberitahuan klirens rapid test bagi penumpang sudah dipajang persis di belakang mesin X-ray. Tapi, terkadang diabaikan penumpang, dengan berbagai alasan.
Klirens dokumen perjalanan oleh KKP di masa pandemi Covid-19 merupakan hal pertama yang mutlak dilakukan sebelum melakukan check-in tiket.

“Jadi, guna memudahkan pelayanan, kini ditambah personel di area depan kounter informasi,” kata Senior Manager of Operation & Service Bandar Udara International Kualanamu Agoes Soepriyanto saat mendampingi Executive General Manager (EGM) PT AP II (Persero) Kualanamu Djodi Prasetyo.
Agoes Soepriyanto akrab disapa Acoen juga tak menampik pergerakan penumpang pada arus balik libur Nataru ini masih terjadi. Namun volumenya menurut Acoen diprediksi tak sepadat pada puncak arus balik Minggu. “Puncak arus balik, Minggu (3/1) sebanyak 17.170 orang.

Perinciannya, yang berangkat 10.354 orang dan yang datang 6.816 orang,” paparnya.
Sehari sebelumnya, Sabtu (2/1) jumlah penumpang sebanyak 13.243 orang melalui KNIA. Dengan perincian yang berangkat 8.055 orang dan yang datang 5.188 orang. (a13/C)

Ratusan penumpang antre saat akan validasi rapid test di KKP Kualanamu dengan mengikuti prokes Covid-19. Waspada/Irianto

  • Bagikan