Puncak 2000, Spot Menarik Untuk Fotografi - Waspada

Puncak 2000, Spot Menarik Untuk Fotografi

  • Bagikan

 

KARO (Waspada): Siosar dulunya merupakan area hutan luas berada di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Tahun 2014, areal hutan Siosar ini, persisnya di Desa Pertibi Lama, mulai dibangun rumah-rumah untuk para pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung.

Ini lah awal Siosar mulai dikenal. Pemandangan alam luar biasa Siosar yang berada diketinggian hampir 2.000 meter atau persisnya 1.750 meter diatas permukaan laut ini, menjadikannya lokasi wisata baru.

Siosar, areal hutan berbukit-bukit ini pun dikenal dan populer disebut masyarakat sebagai Bukit 2000 atau Puncak 2000. Dari ketinggian tersebut, pengunjung bisa melihat Gunung Sinabung, Kota Kabanjahe dan lainnya.

Di Puncak 2000 ini pengunjung bisa menyaksikan bentangan alam luas sejauh mata memandang. Jika cuaca bagus, pengunjung bisa menyaksikan matahari terbenam dengan sempurna.

Berkat keindahan alamnya dan dibangunnya perumahan untuk masyarakat korban erupsi Gunung Sinabung, para investor pun mulai melirik dan membangun villa-vila mewah dan lokasi usaha baru untuk menggaet wisatawan di Siosar ini.

Sebelum tiba di lokasi perumahan korban erupsi Sinabung tersebut, saat ini telah berdiri beberapa spot wisata diantaranya, kebun Madu Efi dan Zia Coffee yang dibangun villa-villa mewah dengan bangunan segitiga hingga taman bunga menambah spot-spot menarik untuk fotografi.

Karena udaranya cukup dingin, pengunjung disarankan membawa jaket. Jarak dari Kota Medan, ibukota Provinsi Sumatera Utara ke Siosar ini lebih kurang 3 jam mengendarai mobil dan melintasi Kota Kabanjahe sebagai ibukota Kabupaten Karo.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Karo, Dickson Pelawi kepada Waspada, Sabtu (2/1/2021), meyakini kawasan Siosar ini kedepannya akan menjadi daerah tujuan wisata yang respentatif jika dikelola dengan baik.

Saat ini, villa-villa dan taman serta fasilitas lainnya memang belum seluruhnya selesai dan diharapkan setahun ke depan akan rampung. Dengan harga sewa villa mulai Rp1 juta hingga Rp3 juta per malam tersebut, harus dibarengi dengan penyediaan fasilitas yang baik.

‘’Banyak yang harus dibenahi untuk menarik minat wisatawan mengunjungi kawasan ini. Terus jaga keramahtamahan dan kebersihannya agar pengunjung betah, nyaman dan aman,’’ ucap Dickson.

Dickson menambahkan, selain spot menarik untuk fotografi, lokasi Siosar ini cukup baik sebagai tempat bersantai menghilangkan penat karena panorama alam yang indah, angin dan udaranya juga cukup dingin.(m29)

Waspada/Surya Efendi
Pengunjung berselfie menikmati pemandangan matahari terbenam di Puncak 2000, kawasan hutan perbukitan Siosar, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sabtu (2/1/2021).

  • Bagikan