Waspada
Waspada » Puluhan Tokoh Masyarakat Suku Pakpak Keluarkan Penyataan Sikap
Headlines Sumut

Puluhan Tokoh Masyarakat Suku Pakpak Keluarkan Penyataan Sikap

Puluhan tokoh masyarakat Suku Pakpak mengeluarkan peryataan sikap, pada Jumat (02/10) di Tugu Pemekaran, Jalan Ringroad, Desa Boangmanalu, Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat.  Waspada/Warikam Boangmanalu
Puluhan tokoh masyarakat Suku Pakpak mengeluarkan peryataan sikap, pada Jumat (02/10) di Tugu Pemekaran, Jalan Ringroad, Desa Boangmanalu, Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat.  Waspada/Warikam Boangmanalu

PAKPAK BHARAT (Waspada): Menyikapi beredarnya video yang diduga berkonten sara di media sosial dan tengah-tengah masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat, puluhan tokoh masyarakat, tokoh adat dan budaya suku Pakpak, yang terdiri dari kumpulan marga-marga suku Pakpak yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat, mengeluarkan peryataan sikap, pada Jumat (02/10) di Tugu Pemekaran, Jalan Ringroad, Desa Boangmanalu, Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat.

Adapun isi pernyataan sikap para tokoh tersebut adalah “bahwa kami masyarakat Pakpak di Kabupaten Pakpak Bharat adalah masyarakat yang Humoris, Bersahabat dengan dengan semua Suku memiliki Adab, Adat-istiadat dan Berbudaya Luhur yang di atur dalam tatanan kehidupan Sulang Silima Pakpak Yang Terdiri Dari Unsur: Siciranggun Isang isang, Siciranggun Tulan Tengah Siciranggun Perekur ekur, Berru dan puang.

Tataan kehidupan tersebut selalu menjamin keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari sebagai masyarakat yang heterogen, sangat mencintai keberagaman, saling hormat dan menghormati, kasih mengasihi, dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adat istiadat dan budaya leluhur kami mengajarkan, supaya keturunannya menggelar tikar bagi tamu yang datang, harus menyediakan makanan sesuai kemampuan kami, serta harus rukun dan hidup bersama dengan semua orang, semua suku, karena kita semua adalah bersaudara, yang diikat tali silaturahim dan juga tidak terputus dalam hubungan Adat-Istiadat.

Bilamana ada oknum yang mengeluarkan kata-kata yang berbau SARA, tegas kami sampaikan, bahwa “KAMIPUN IKUT KECEWA”. Dan kami sampaikan bahwa pernyataan tersebut sungguh-sungguh tidak mewakili Marga Pakpak yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat.

Maka untuk tidak mengganggu hubungan baik antara sesama masyarakat di Kabupaten Pakpak Bharat dan juga masyarakat Pakpak Bharat yang berada di luar daerah Kabupaten Pakpak Bharat, maka kami selaku Tokoh Marga-marga Pakpak di Kabupaten Pakpak Bharat, “Meminta maaf yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang merasa ikut terganggu atas ucapan tersebut. Dan kami nyatakan bahwa tidak ada usir mengusir dari tanah Pakpak di Kabupaten Pakpak Bharat, Provinsi Sumatera Utara”.

Salah seorang Tokoh Masyarakat, Nasrun Bancin, mengatakan bahwa ucapan tersebut adalah ucapan pribadi dan bukan mewakili suku Pakpak. Nasrun berharap agar waga lebih bijak menggunakan medsos dan menghindari hal-hal yang bisa membuat perpecahan di tengah tengah masyarakat.(a35).

Ket.Foto:

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2