Waspada
Waspada » PT TPL,Tbk Berangkatkan 11 Anggota Poktan Studi Banding Ke Bekasi
Ekonomi Sumut

PT TPL,Tbk Berangkatkan 11 Anggota Poktan Studi Banding Ke Bekasi

Manager Senior PT TPL, Tagor Manik bersama Bupati Toba, Poltak Sitorus berangkatkan 11 anggota Poktan studi banding ke Karawang dan Bekasi. Waspada/Ist
Manager Senior PT TPL, Tagor Manik bersama Bupati Toba, Poltak Sitorus berangkatkan 11 anggota Poktan studi banding ke Karawang dan Bekasi. Waspada/Ist

TOBA (Waspada) : 11 anggota gabungan kelompok tani (Poktan) dari tiga kecamatan di Kabupaten Toba diberangkatkan oleh PT Toba Pulp Lestari (TPL),Tbk untuk studi banding pertanian tanaman padi ke Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pemberangkatan dilakukan dari Kantor Bupati Toba oleh Manager Humas Senior TPL, Tagor Manik, Bahara Sibuea, Juliandri Hutabarat dan Natalia Pangaribuan didampingi Bupati Toba, Poltak Sitorus dan Kadis Ketapang Marsarasi Simanjuntak, serta Kabag Pembangunan Sesmon Butarbutar, Rabu, (15/4).

Manager Senior PT TPL, Tagor Manik mengatakan, pemberangkatan utusan kelompok tani ke Kabupaten Karawang dan Bekasi untuk menimba ilmu bidang pengelolaan pertanian sawah berupa sistem pertanaman padi jajar legowo, sehingga hasil produksi padi meningkat dan bisa setara dengan daerah dituju.

“Ilmu itulah yang akan dicari oleh kelompok tani binaan kita sehingga dapat diimplementasikan di daerah kita secara bertahap,” ujar Tagor.

Ia mengatakan, Poktan binaan PT TPL yang akan diberangkatkan merupakan utusan beberapa kelompok dari tiga kecamatan yang diseleksi dan didampingi oleh pendamping.

“Output yang kita harapkan dari utusan kita membuahkan hasil peningkatan signifikan. Selama ini secara rata-rata sudah mencapai 5-6 ton per hektar atas hasil studi banding ini bisa menjadi 7-8 ton,” sebutnya.

Tagor Manik menegaskan, keberangkatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PT TPL terhadap masyarakat di lingkungan kerja perusahaan PT TPL terutama komitmen di bidang pertanian.

Bupati Toba, Poltak Sitorus dalam arahannya menyebut keberangkatan dari Poktan menjadi duta untuk bidang pertanian guna meningkatkan hasil produksi beras hingga mencapai 8 ton per hektar.

“Toba Unggul dan Bersinar mengimpikan terwujud hasil produksi pertanian 8 ton per hektar. Hari ini sudah dimulai oleh PT TPL melalui keberangkatan Poktan studi banding, hendaknya benar-benar terwujud,” katanya.

Lanjut Bupati, Poktan yang diberangkatkan akan belajar selama 5 hari di Karawang dan Bekasi. Diharapkan tidak sekedar berangkat namun harus memperoleh ilmu tentang pertanian yang sukses.

“Kami menegaskan ilmu untuk bertani sangat penting, dengan studi banding ini harus dipergunakan secara serius,” pungkas Poltak. (a36)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2