Waspada
Waspada » PSBI Dukung Pembangunan Pariwisata, Adat, Budaya Samosir
Headlines Sumut

PSBI Dukung Pembangunan Pariwisata, Adat, Budaya Samosir

Penasehat PSBI Wilayah Samosir Rapidin Simbolon, menyerahkan bingkisan paket Sembako kepada pengurus gereja di Tomok. PSBI dukung pembangunan pariwisata, adat, budaya Samosir. Waspada/Tumpal P Sijabat
Penasehat PSBI Wilayah Samosir Rapidin Simbolon, menyerahkan bingkisan paket Sembako kepada pengurus gereja di Tomok. PSBI dukung pembangunan pariwisata, adat, budaya Samosir. Waspada/Tumpal P Sijabat

SAMOSIR (Waspada) : Punguan Simbolon dohot Borunan se-Indonesia (PSBI) menggelar acara doa bersama dalihan na tolu, dan pembagian 10 ribu paket Sembako kepada Pengurus Gereja di Tomok, 18 Marga di Samosir, dan 33 sektor PSBI di Samosir, (1/12). Acara ini merupakan pesta bolon (akbar) yang dihadiri oleh perwakilan marga-marga Parna, tulang Limbong, dan boru Silalahi Raja.

Sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan berbasiskan adat dan budaya, khususnya etnis Batak, PSBI terus berusaha membangun Pulau Samosir sebagai bentuk eksistensi dan kepedulianterhadap pembangunan pariwisata, adat, dan budaya di Samosir, tanah leluhur dari Marga Simbolon.

Doa bersama dibawakan oleh Pdt. Agus Tampubolon, Pdt. Ronny Stepanus Simbolon dan P. Hiasintus Sinaga, OFM, Cap.

Penyerahan simbolis 10 ribu paket Sembako oleh Sekeretaris Penasehat PSBI Pusat, Arnol Simbolon yang menyampaikan terimakasih kepada keturunan Marga Simbolon, keturunan Marga Parna, Tulang Marga Limbong, dan kepada warga Samosir secara umum.

Sementara itu Penasehat PSBI Samosir yang juga Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, mengatakan, melalui doa Bersama Dalihan Na Tolu, ia berharap jalinan kekuatan di organisasi, kesehatan dan keselamatan bagi seluruh umat, terlebih saat ini Rapidin maju sebagai kandidat calon Bupati Samosir Bersama Juang Sinaga.

“Waktu dekat (9 Desember), Samosir akan melaksanakan Pilkada, diminta juga kepada seluruh keturunan PSBI dan warga Samosir, untuk menjaga persatuan dan menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memilih pasangan Rapidin Simbolon-Juang Sinaga,” ujar Effendi melalui Arnol.

“Saya sebagai bagian dari PSBI, saat ini maju kembali menjadi Calon Bupati Samosir bersama Juang Sinaga diusung PDI Perjuangan, meminta doa dan dukungan Marga Simbolon, Parna, Limbong, Silalahi Raja, Raja Lontung dan segenap warga Samosir pada Pilkada Samosir,” ujar Rapidin.

Menurutnya, sebagai petahana, sudah berbuat dan teruji telah bekerja keras mewujudkan pembangunan Samosir yang berkesinambungan dan terintegrasi dengan pemerintah pusat menuju kesejateraan rakyat Samosir, kata Rapidin disambut tepuk tangan hadirin.

“Keturunan PSBI jangan mau dipecah belah oleh pihak-pihak lain, mohon doa dan dukungan PSBI dan warga Samosir untuk memilih Paslon Rap ber Juang nomor urut 3,” pinta Rapidin.

Melalui doa bersama Dalihan Na Tolu tersebut, PSBI terus berusaha mewujudkan komitmennya peduli kepada warga Samosir dengan menguatkan ikatan tradisi antar marga.

Acara tahunan tersebut berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan sekaligus sebagai rangkaian syukuran hari ulang tahun ke-56 Ketua Umum Effendi MS Simbolon.(cts)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2