Waspada
Waspada » Prof. Syahrin : Tiga Hal Penentu Perkembangan Globalisasi
Sumut

Prof. Syahrin : Tiga Hal Penentu Perkembangan Globalisasi

Rektor UINSU Prof.Syahrin Harahap MA (kanan) menegaskan Tiga Hal Penentu Perkembangan Globalisasi pada seminar ilmiah di IAIN Padangsidimpuan, Kamis (11/3).Waspada/Mohot Lubis

 

P.SIDIMPUAN (Waspada) : Rektor Universitas Islam Sumatera Utara (UINSU) Prof.Syahrin Harahap MA mengatakan berdasarkan hasil penelitian tercatat tiga hal yang dominan mempengaruhi dan menentukan perkembangan globalisasi.

“Hasil Penelitian, ada tiga hal paling menentukan perkembangan globalisasi”, kata Rektor UINSU Prof.Syahrin Harahap MA pada seminar ilmiah tentang moderasi beragama, di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan, Kamis (11/3).

Seminar ilmiah tersebut merupakan bahagian kegiatan dari peletakan batu pertama pembangunan Masjid IAIN Padangsidimpuan berlantai dengan biaya Rp.20 miliar untuk kapasitas 3.000 jamaah.

Prof.Syahrin Harahap yang menjadi nara sumber tunggal dalam seminar ilmiah tersebut menejelaskan hal pertama yang paling menentukan perkembangan globalisasi adalah perguruan tinggi.

Hasil-hasil penelitian dan karya ilmiah yang dilahirkan perguruan tinggi telah banyak mempengaruhi perkembangan globalisasi.

”Virus yang sekarang ini merupakan hasil penelitian yang bocor ke publik”,ujar Rektor UINSU.

Diposisi kedua yang paling paling menentukan perkembangan globalisasi ditempati, lanjut Prof Syahrin oleh militer.Dimana perkembangan teknologi GPS (Global Positioning System) merupakan teknologi militer Amerika Serikat yang bocor ke publik.

“Hal ini selanjutnya dijadikan ladang bisnis. Namun setelah bocor Amerika kemudian memiliki teknologi yang lebih tinggi dan belum bocor ke masyarakat atau ke publik”, ungkap Prof Syahrin Harahap.

Hal ketiga yang paling mempengaruhi perkembangan globalisasi adalah manufactur (industri) atau pabrik karena kehidupan manusia banyak bergantung atau banyak dikendalikan oleh sektor industri

Menurutnya moderasi dan Wasathiyah sangat penting agar umat memahami bahwa beragama sangat penting karena Islam moderat adalah paham keagamaan yang sangat relevan dalam konteks keberagaman dalam segala aspek, baik agama, adat istiadat, suku dan bangsa.

Sedangkan Wasathiyah adalah ajaran Islam yang mengarahkan umatnya agar adil, seimbang, bermaslahat dan proporsional, atau sering disebut dengan kata moderat dalam semua dimensi kehidupan.

Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof.Ibrahim Siregar MCL mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNISU Prof.Syahrin Harahap MA yang telah memberikan pencerahan sehingga jadi motivasi bagi umat untuk lebih giat belajar dan mengkaji ilmu.(a39).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2