PP Muhammadiyah Lantik Muhammad Darwis Jadi Rektor UM-Tapsel

  • Bagikan

P.SIDEMPUAN (Waspada) : Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah lantik Muhammad Darwis MPd sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UM-Tapsel) Periode 2022-2026 menggantikan Dra. Muksana Pasaribu MA, Jumat (27/5) di Aula UM-Tapsel, Padang Sidempuan.

Muhammad Darwis MPd yang sebelumnya menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan dilantik Wakil Ketua Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. Dr.H.Edy Suwandi Hamid M.Ec secara virtual disaksikan Bupati Tapsel Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, Wakil Wali Kota Padang Sidempuan Ir. Arwin Siregar.

Dra.Muksana Pasaribu MA (kanan) serah terima jabatan dengan Muhhammad Darwis MPd sebagai Rektor UM-Tapsel Periode 2022-2026, Jumat (27/5) di Aula UM-Tapsel Jl.Sutan Muhammad Arief, Padang Sidempuan. Waspada/Mohot Lubis.

Kemudian, Solahuddin Nasution mewakili LLDikti Wilayah I Sumut, Sekretaris Kopertais Wilayah IX Sumut Zulkarnain Nasution, PW Muhammadiyah Sumut, Kapolres Tapanuli Selatan, Kapolres Padang Sidempuan, Dandim 0212/TS, Rektor IAIN Padang Sidempuan Dr. Muhammad Darwis Dasopang serta PDM Tapanuli Selatan dan Kota Padang Sidempuan.

Pelantikan orang nomor satu di UM-Tapsel tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan serah terima jabatan dari Dra. Muksana Pasaribu MA yang sudah menjabat selama dua periode (2014-2018 dan 2018-2022) kepada Muhammad Darwis MPd untuk masa jabatan 2022-2026.

Wakil Ketua Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. Dr.H.Edy Suwandi Hamid M.Ec mengatakan periode Muksana adalah periode stabilisasi dan pertumbuhan. “Stabilisasi merupakan dasar untuk bisa mencapai pertumbuhan,” paparnya.

Edy Suwandi Hamid berharap kepada Muhammad Darwis yang baru dilantik sebagai Rektor UM-Tapsel fokus terhadap akademik. ”Persoalan akreditasi misalnya yang masih B agar jadi A. Lakukan inovasi dan perubahan. Kita harus berani melakukan lompatan,” ucapnya.

Menurt Wakil Ketua Diktilitbang PP Muhammadiyah, kebersamaan merupakan modal utama untuk membangun UM-Tapsel, sebagaiman spirit yang diucapkan Rektor UM-Tapsel Muhammad Darwis saat memberikan sambutan. “Jadi jangan ada lagi perpecahan, kedepankan kebersamaan,” jelas Edy Suwandi Hamid

Rektor UM-Tapsel Muhammad Darwis MPd mengajak civitas akademika UM-Taspsel untuk bersama-sama membangun UM-Tapsel sebagaiman diharapkan berbagai pihak. ”Jangan lagi ada kata kami dan kata mereka.Yang ada adalah kata kita karena dukung mendukung dalam pencalonan Rektor telah selesai dengan pelantikan hari ini,” harapnya.

Rektor UM-Tapsel Muhammad Darwis MP (tengah) bersama istri foto bersama Bupati Tapsel Dolly Putra Parlindungan Pasaribu (kanan), LLDikti Wilayah I Sumut, Kopertais Wilayah IX sumut dan unsur Forkopimda Tapsel. Jumat (27/5). Waspada/Mohot Lubis.

Muhammad Darwis menegaskan bahwa salah sudah saatnya Um-Tapsel membuka Pascasarjana demi kemajuan UM-Tapsel kedepan.”Kita rencana tahun depan Pascasarjana untuk Fakultas Hukum dan tahun berikutnya Pascasarjana Fakultas peternakan, maka harus dipersiapkan dari sekarang,” katanya.

Dra. Muksana Pasaribu MA mengatakan bahwa dalam dua periode masa kepemimpinannya telah banyak kemajuan dan perkembangan yang dicapai UM-Tapsel seperti dalam bidang akademik adanya pertambahan 3 Prodi di Um-Tapsel.

“Dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, UM-Tapsel naik klasternya dari binaan jadi madiya,” ungkap Muksana Pasaribu.(a39).

Ket.Foto Utama: Muhhammad Darwis menandatangani berita acara pelantikannya sebagai Rektor UM-Tapsel, Jumat (27/5) di Aula UM-Tapsel Jl.Sutan Muhammad Arief, Padang Sidempuan. Waspada/Mohot Lubis.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.