Waspada
Waspada » Positif Covid-19 Bertambah Lagi 2 Orang Di Pematangsiantar
Sumut

Positif Covid-19 Bertambah Lagi 2 Orang Di Pematangsiantar

BANTUAN alat rapid test sebanyak 500 unit dari RSU Yayasan Abdi Karya (Yadika) Group diserahkan Wakil Wali Kota Togar Sitorus (kiri), mewakili Pimpinan RSU Yadika Group L. Siagian kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pematangsiantar, diwakili Kadis Kesehatan dr. Ronald H Saragih (tengah) dan Plt Kepala BP3D M. Hamam Sholeh (kanan), di Posko0 Gugus Tugas di ruang data Setdako, Jl. Merdeka, Rabu (20/5). Waspada-Edoard Sinaga/B
BANTUAN alat rapid test sebanyak 500 unit dari RSU Yayasan Abdi Karya (Yadika) Group diserahkan Wakil Wali Kota Togar Sitorus (kiri), mewakili Pimpinan RSU Yadika Group L. Siagian kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pematangsiantar, diwakili Kadis Kesehatan dr. Ronald H Saragih (tengah) dan Plt Kepala BP3D M. Hamam Sholeh (kanan), di Posko0 Gugus Tugas di ruang data Setdako, Jl. Merdeka, Rabu (20/5). Waspada-Edoard Sinaga/B

PEMATANGSIANTAR (Waspada) : Pasien positif terkonfirmasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) bertambah lagi dua orang di Kota Pematangsiantar.

Karena itu, dari sebelumnya pasien positif terkonfirmasi Covid-19 sebanyak enam orang menjadi tujuh orang, karena dari enam orang itu, satu pasien dinyatakan sembuh.

“Sore tadi, diterima dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provsu perihal penambahan pasien positif terkonfirmasi Covid-19 sebanyak dua orang, masing-masing satu orang dari Jl. Pisang, Kel. Pardamean, Kec. Siantar Marihat dan satu orang dari Jl. Singosari, Kel. Martoba, Kec. Siantar Utara, sebut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Daniel H Siregar di Posko Gugus Tugas di ruang data Setdako, Jl. Merdeka, Rabu (20/5) malam.

Dua pasien yang dinyatakan positif Covid-19 itu sebelumnya dinyatakan reaktif Covid-19 setelah melalui rapid test (uji cepat) dan tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar kota, yang artinya dua pasien itu transmisi lokal atau terpapar Covid-19 di Pematangsiantar.

Sementara, satu pasien positif terkonfirmasi Covid-19 dari Kec. Siantar Selatan dinyatakan sembuh setelah hasil swab test dari pasien itu keluar dan hasilnya negatif Covid-19.

“Hingga hari ini, tujuh pasien positif terkonfirmasi Covid-19 yang sedang diisolasi dan mendapatkan perawatan masing-masing satu orang di RSUP Haji Adam Malik (HAM), Kota Medan, satu orang di RSU Martha Friska, Medan dan lima orang diisolasi dan dirawat di RSUD dr. Djasamen Saragih, pasien positif Covid-19 yang meninggal satu orang dan pasien positif Covid-19 yang sembuh menjadi empat orang,” imbuh Daniel.

Statistik Penanganan Covid-19

Mengenai statistik penanganan Covid-19 secara keseluruhan, Daniel menyebutkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) tanpa gejala 116 orang, ODP dengan gejala satu orang, ODP menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tetap satu orang dan hasil pemantauan 1.705 orang.

Kemudian, PDP yang sedang dirawat delapan orang dan ada pertambahan satu orang dari Kec. Siantar Selatan, PDP yang telah melalui polymerase chain reaction (PCR) test dan hasilnya negatif, bertambah satu orang dari Kec. Siantar Selatan, hingga menjadi 10 orang, PDP yang telah melalui PCR test dan hasilnya positif, bertambah dua orang hingga menjadi delapan orang dan PDP yang meninggal dua orang.

Sementara, Orang Tanpa Gejala (OTG) yang sedang diisolasi jumlahnya 11 orang dan terjadi pertambahan dua orang dari Kec. Siantar Martoba, OTG yang telah melalui PCR test dan hasilnya negatif 11 orang, OTG yang telah melalui PCR test dan hasilnya positif dua orang, OTG yang harus mendapatkan perawatan, karena memiliki keluhan dalam kesehatannya, hingga dua pasien itu dipindahkan statusnya dari kolom OTG yang diisolasi ke kolom PDP yang sedang dirawat.

Daniel juga menyampaikan beberapa kegiatan Gugus Tugas, diantaranya menerima bantuan 500 unit alat rapid rest dari RSU Yayasan Abdi Karya (Yadika) Group, Tangerang di Posko Gugus Tugas di ruang data Setdako, Jl. Merdeka. Wakil Wali Kota Togar Sitorus mewakili Pimpinan RSU Yadika Group L. Siagian kepada Gugus Tugas diwakili Kadis Kesehatan dr. Ronald H Saragih dan Plt Kepala BP3D M. Hamam Sholeh.

Kemudian, patroli rutin dan sosialisasi protokol kesehatan hari ke-15 yang dilakukan Tim Gugus Tugas di beberapa ruas jalan tiap sore. Kaban Kesbangpol Sofie M Saragih tidak bosan-bosannya menghimbau warga agar memakai masker bila terpaksa keluar rumah dan mematuhi protokol kesehatan lainnya, apalagi pasien terpapar dan positif Covid-19 terus bertambah.

Mengenai pertambahan pasien positif Covid-19 dan lainnya, Daniel menegaskan hal itu menunjukkan belum terputusnya mata rantai penyebaran Covid-19.

“Perlu kami sampaikan, tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan, jumlahnya terbatas. Jika pertambahan pasien terpapar Covid-19 terus terjadi, yang kita khawatirkan, jumlah tenaga dan fasilitas kesehatan tidak memadai untuk menangani pasien itu nantinya. Semoga Tuhan melindungi kita semua.”(a28/C).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2