Waspada
Waspada » Polresta Deliserdang Tangkap Dua Kurir Narkoba, Barang Bukti Diamankan Pil Happy Five 2.297 Butir Dan Ganja 26 Kg
Sumut

Polresta Deliserdang Tangkap Dua Kurir Narkoba, Barang Bukti Diamankan Pil Happy Five 2.297 Butir Dan Ganja 26 Kg

DELISERDANG (Waspada): Satresnarkoba Polresta Deliserdang berhasil menangkap dua tersangka kurir narkoba di tempat yang berbeda. Dari kedua tersangka masing-masing barang bukti diamankan berupa psikotropika jenis pil happy five (nimetazepam) berjumlah 2.297 butir dan ganja 26 Kg.

Pengungkapan kasus tersebut langsung dipaparkan Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi (Kombes YM), didampingi Kasatres Narkoba AKP Ginanjar Fitriadi, Wakasatres Narkoba Iptu Fredy Siagian, Kanit 1 Iptu I Kadek Dwi P Putra dan Kanit 2 Iptu Boyke Barus serta Kaur Humas Iptu Ansari, Rabu (18/11) di Mapolresta Deliserdang di Lubukpakam.

Adapun kurir yang diamankan adalah berinisial Dar 30, warga Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli. Dari tangannya diamankan 2.297 butir psikotrapika jenis pil Happy Five jika dikonversikan ke rupiah senilai Rp 229,7 Juta.

Selanjutnya dari kurir berinisial AU 28, warga Desa Dayun Kecamatan Dayun Kabupaten Siak Provinsi Riau, diamankan koper warna hitam berisi 25 bungkus ganja kering dibalut dengan lakban seberat 26.061 gram atau 26 Kg lebih dengan senilai Rp 104 Juta.

Kombes YM menjelaskan, untuk pengungkapan narkoba jenis ganja dimana berawal personel yang melakukan penyelidikan mendapat informasi adanya ganja kering yang hendak dibawa ke Kabupaten Siak Provinsi Riau. Setelah dilakukan penyelidikan, AU yang sedang menumpang beca bermotor, dicegat dan diamankan bersama barang bukti, Minggu (25/11/2020) pukul 04.00 WIB, di Lapangan Garuda Desa Buntubedimbar Kecamatan Tanjungmorawa.

“Dari isi koper tersebut adalah 25 bungkus ganja kering dibalut lakban kuning dan tersangka berencana akan membawa ganja tersebut dari Aceh menuju ke Kabupaten Siak Riau dengan upah Rp 1 juta perkilogram,” ungkapnya.

Sementara itu lanjut Kombes YM, Satresnarkoba Polresta Deliserdang juga menggagalkan peredaran narkoba jenis psikotrapika jenis pil Happy Five
yang berawal dari personel Satresnarkoba yang melakukan undercover buy (menyamar sebagai pembeli) hendak melakukan transaksi di parkiran salah satu hotel di Batangkuis. Namun lokasi transaksi diganti dan disebutkan di salah satu SPBU di Jalan Gagak Hitam Kelurahan Tanjungsari Medan. Setelah lidik, tersangka Dar yang saat itu keluar dari toilet SPBU membawa tas ransel warna orange yang dicurigai, langsung diamankan bersama barang bukti, Sabtu (14/11/2020) pukul 16.00 WIB.

“Jadi pelaku dijanjikan mendapat upah sebesar Rp 500 ribu rupiah dari seseorang berinisial Dar dan berdasarkan barang bukti tersebut akhirnya petugas membawa tersangka dan barang bukti ke Satresnarkoba Polresta Deliserdang,” jelasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya kedua tersangka, sebut Kombes YM masih menjalani pemeriksaan dan dijerat melanggar pasal 114 ayat 2 subsider pasal 111 ayat 2 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Usai paparan, Kasat Narkoba Polresta Deliserdang menjelaskan psikotrapika jenis pil Happy Five atau nimetazepam adalah obat yang dikembangkan di Jepang dan Tiongkok termasuk benzodiazepine untuk resep bagi pasien dengan gangguan tidur seperti insomnia dan kejang otot. (a16).

Teks foto: Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi, didampingi Kasatres Narkoba AKP Ginanjar Fitriadi, Wakasatres Narkoba Iptu Fredy Siagian, Kanit 1 Iptu  I Kadek Dwi P Putra dan Kanit 2 Iptu Boyke saat memperlihatkan barang bukti dan tersangka. (Waspada/Edward Limbong).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2