Waspada
Waspada » Polres Karo Berhasil Gagalkan 246 Batang Ganja Siap Panen
Headlines Sumut

Polres Karo Berhasil Gagalkan 246 Batang Ganja Siap Panen

KAPOLRES T. Karo didampingi Kasat Narkoba saat berada di lokasi temuan ratusan tanaman ganja di Desa. Beganding, Kec. Simpang Empat. Polres Karo berhasil gagalkan 246 batang ganja siap panen. Waspada/Ist
KAPOLRES T. Karo didampingi Kasat Narkoba saat berada di lokasi temuan ratusan tanaman ganja di Desa. Beganding, Kec. Simpang Empat. Polres Karo berhasil gagalkan 246 batang ganja siap panen. Waspada/Ist

TANAH KARO (Waspada): Satres Narkoba Polres Karo berhasil menggagalkan 246 batang tanaman ganja, berikut dua tersangka dari penyergapan di dua lokasi berbeda. Pengungkapan ratusan batang ganja disaksikan Kapolres T. Karo AKBP Yusuinus Setyo didampingi Kasat Narkoba AKP Henry David Bintang Tobing, Selasa(15/9).

Pengungkapan ini dikatakan Kasubag Humas Iptu Syaril Lubis kepada Waspada di Kabanjahe. Kedua pelaku yang berhasil di sergap dari dua lokasi berbeda diantaranya, JST, 53 penduduk Jl Kotacane, Kecamatan Kabanjahe dan LS, 41 penduduk Desa. Beganding Kecamatan Simpang Empat.

Selain 246 batang tanaman ganja yang berhasil ditemukan, pihaknya sebelumnya mengamankan ganja kering yang meliputi ranting, daun dan biji ganja dibalut kertas bungkusan nasi dalam plastik asoy warna merah dengan berat brutto 140 gram.

Dijelaskan Syaril, pengungkapan ini merupakan informasi dari masyarakat yang langsung dipetakan sehingga Polres Karo berhasil. Berbekal data, pihaknya langsung berjibaku menuju ke lokasi pertama, Senin (24/9) sekira pukul 16.00 Wib.

Dari lokasi awal, tim melihat ciri-ciri pelaku JST sedang berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) tepatnya di Jl Kotacane Kecamatan Kabanjahe. Saat dilakukan penggeledahan seluruh badan, petugas menemukan bungkusan plastik asoy warna merah. Dan setelah dibuka, plastik asoy yang dibalut kertas bungkusan nasi berisi daun ganja kering.

Pelaku JST berupaya mengelabui petugas perihal ganja kering miliknya. Setelah beberapa jam dilakukan intrograsi intensif di Mako Satres Narkoba Polres T. Karo, pelaku akhirnya koperatif kalau dirinya memperoleh daun ganja kering dari pelaku LS penduduk Desa Beganding Kec. Simpang Empat.

Selanjutnya, Selasa (25/9) sekira pukul 01.00 Wib, petugas bersama pelaku JST menuju ke rumah pelaku LS. Penyergapan kedua langsung dilakukan saat pelaku sedang berada di rumahnya.

Dari keterangan pelaku LS, tanaman ganja miliknya ditanam di areal perladangan Melas yang lokasinya tidak jauh dari rumahnya. Selain tanaman, di lokasi itu petugas juga mengamankan daun ganja kering yang dibalut kertas koran berat brutto 400 gram yang ditemukan di dalam goni.

Petugas bersama kedua pelaku lalu menuju lokasi tanaman ganja milik LS. Setelah ditunjukan, petugas langsung mengamankan lokasi penemuan sambil mencabuti ratusan batang tanaman ganja dengan ketinggian antara 52 sampai 274 cm ini untuk dijadikan barang bukti.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua pelaku berikut barang buktinya langsung diamankan guna pemeriksaan secara intensif di Satres Narkoba Polres T. Karo, jelas Syaril. (c02)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2