Polres Karo Amankan 13 Tersangka Pengedar Sabu Dan Ganja, Satu Ditembak  - Waspada

Polres Karo Amankan 13 Tersangka Pengedar Sabu Dan Ganja, Satu Ditembak 

  • Bagikan
Kasat Resnarkoba Polres Karo AKP Ras Maju Tarigan SH didampingi Kapolres T. Karo AKBP Benny R Hutajulu S.IK MH didampingi Waka Kompol H. Panggabean dan Karutan Kabanjahe Simon Bangun saat menyampaikan paparan, pada press rilis di ruang Purpursage Mapolres Karo. Waspada/Panitra Nedy
Kasat Resnarkoba Polres Karo AKP Ras Maju Tarigan SH didampingi Kapolres T. Karo AKBP Benny R Hutajulu S.IK MH didampingi Waka Kompol H. Panggabean dan Karutan Kabanjahe Simon Bangun saat menyampaikan paparan, pada press rilis di ruang Purpursage Mapolres Karo. Waspada/Panitra Nedy

TANAH KARO (Waspada): Satres Narkoba Polres T. Karo berhasil mengamankan 13 orang tersangka pengedar dan 43,05 Gram Shabu serta 1,74 Gram Ganja dan seorang diantaranya ditembak pada kedua kaki. Selain tersangka dan barang bukti narkotika, Polisi juga mengamankan uang tunai Rp 4juta, sebuah soft gun dan lima unit HP.

Hal ini diungkapkan Kapolres. T. Karo AKBP. Benny R Hutajulu S.IK. MH didampingi Wakapolres Kompol H. Pangabean SH dan Kasat Narkoba AKP Ras Maju Tarigan SH saat gelar pres rilis di ruang Purpursage Mapolres Karo, Kamis (23/1) selepas siang.

Pengungkapan terhadap kejahatan peredaran gelap narkoba jenis Shabu dan Ganja di wilayah hukum Polres T. Karo selama 23 hari ini, terdiri dari 8 laporan polisi (LP).

Ke 13 tersangka pengedar yang digelar ini berkaitan dengan kasus penangkapan tersangka empat orang di sebuah perladangan Sembat Lau Borus Kec. Payung sebanyak tiga orang berinisial GB, DK, JT dan yang melibatkan seorang oknum polisi mantan Kapolsek Payung berinisial SS yang kasusnya sedang ditangani Polda Sumut dengan BB Shabu 3,1 Gram.

Tersangka lain SB, RB alias Teger, AP alias Budek, RT, MAP dan TSH tempat kejadian perkara (TKP) Rutan Kabanjahe, tepatnya Blok Jamin Ginting kamar hunian C3 dengan BB Shabu 29,54 Gram.

LP/36/I/2020/SU/RES T. Karo/Sek Mardinding 18 Januari 2020 di Desa Mardinding dengan tersangka DS barang bukti Shabu 1,11 Gram. Tsk MGM dengan BB Shabu 3,50 Gram dan Ganja 1,74 Gram, TKP berada di Jln.Jamin Ginting Desa Sumber Mufakat Kec. Kabanjahe ditembak pada ke dua kaki karena melawan petugas saat hendak diamanakan.

Tersangka FG dengan BB Shabu seberat 2,53 Gram TKP Kabanjahe, dan PKS tersangka pemilik 0,75 Gram Shabu dan satu unit soft gun diamankan diterminal Kabanjahe. Tsk BS dengan BB 1,61 Gram, BT dan HG pemilih Shabu 0.91 Gram diamankan di Kabanjahe.

Terhadap tersangka pengedar dikenakan pasal 112(1), pasal 114 (1) UU RI No.35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman minimal empat tahun dan maksimal 20 tahun.

Khusus tersangka yang diamankan di Rutan Kabanjahe kata Ras Maju, mereka dikenakan pasal 112 (2) dan pasal 114 (2) UU RI No.35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman minimal 6 tahun dan maksimal seumur hidup.

Begitupula terhadap kepemilikan soft gun yang katanya memiliki perizinan akan diperiksa keakuratan izin dan jika senjata tersebut tidak memiliki izin, maka prosesnya diserahkan ke Satreskrim, jelas Ras Maju. Kepala Rutan Kabanjahe Simon Bangun yang dikonfirmasi wartawan menyebutkan, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan tes urin terhadap personilnya, singkatnya. (cpn

  • Bagikan