Waspada
Waspada » Polres Binjai Gelar Operasi Ketupat
Sumut

Polres Binjai Gelar Operasi Ketupat

 

BINJAI(Waspada): Walikota Binjai Drs. Amir Hamzah pimpinan gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2021 dalam rangka Pengamanan Perayaan Idul Fitri 1442 H dan Larangan Mudik di wilayah hukum Polres Binjai.

Pelaksanaan gelar Pasukan Operasi ketupat diadakan dilapangan bola kaki Bhayangkara Polres Binjai Jalan Hasanuddi Kelurahan Satria Kota Binjai Rabu (5/5).

Hadir dalam acara tersebut selain walikota Binjai hadir,Kapolres Binjai AKBP  Romadhoni Sutardjo Sik, Dandim 0203/Lkt
diwakili Pasi Ops, Danyon Arhanud 11/Wby Letkol Arh Rendra F Supratman, Danyonif Raider 100/PS diwakili Danki Markas Kapten Inf Supriyadi, dan Dansub Den Pon Binjai, Kajari Binjai diwakili Kasi Intel Kepala BNN Binjai AKBP Suprayogi SH, Para Kabag, Kasat dan, Kapolsek Sejajaran. Hadir juga anggotan Satpol PP.

Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP sebagai pimpinan apel pada gelar pasukan operasi Ketupat Toba-2021 di wilayah hukum polres Binjai dan membacakan amanat Kapolri antara lain, mengatan, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat allah swt, tuhan yang maha esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-nya, kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan untuk hadir di tempat ini dalam rangka apel gelar pasukan operasi “ketupat-2021” yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran polri mulai dari tingkat mabes polri hingga kesatuan kewilayahan.

Menginjak tahun 2021 kita telah dihadapkan oleh berbagai permasalahan yang terjadi di indonesia, baik dari permasalahan penanganan covid-19, pengamanan tahapan pilkada tahun 2020 yang masih menyisakan beberapa agenda maupun aksi krminalitas, aksi terorisme, hingga bencana alam, syukur alhamdulilah penanganan terhadap permasalahan tersebut dapat berjalan dengan baik meskipun belum dapat dikatakan sempurna, hal ini berkat kerjasama seluruh masyarakat indonesia dan sinergisitas kementerian / lembaga terkait.

Pada hari ini kita melaksanakan apel gelar pasukan di masa pandemi covid-19, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi “ketupat-2021” dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri 1442 h/2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, pemda, dan mitra kamtibmas lainnya. mengingat masih dalam situasi pandemi covid-19, keterlibatan pasukan dalam apel kali ini memang sengaja tidak terlalu besar namun diharapkan sudah mewakili semua unsur yang terlibat dalam operasi sehingga kita dapat menilai kesiapsiagaanya.

Tahun 2021 pemerintah memutuskan melarang kegiatan mudik bagi seluruh masyarakat pada tanggal 6 sampai dengan 17 mei 2021.

Ini adalah tahun kedua dimana pemerintah telah mengambil kebijakan untuk melarang warga masyarakat melakukan perjalanan mudik pada libur hari raya idul fitri, karena situasi pandemi covid-19. kita menyadari bahwa larangan pemerintah ini tidak serta merta dipatuhi masyarakat, sehingga potensi pergerakan orang untuk melakukan perjalanan mudik masih cukup tinggi.

Hasil survey kementerian perhubungan terhadap masyarakat apabila pemerintah tidak melarang mudik maka akan terjadi pergerakan orang melakukan perjalanan mudik sebesar 81 juta orang namun apabila pemerintah melarang mudik, masih akan terjadi pergerakan orang melakukan perjalanan mudik sebesar 27,6 juta orang atau 11%.

Pengalaman tahun lalu berbagai modus dilakukan masyarakat untuk mengelabuli petugas agar dapat lolos sampai di tempat tujuan mudik.

Hal ini tentu menjadi pembelajaran bagi kita dan lebih utama lagi begitu tinggi niat serta gigihnya masyarakat agar dapat melakukan perjalanan mudik, sehingga perlu antisipasi dan kesiapan petugas.

Saat ini pemerintah masih terus berjuang menekan laju perkembangan covid-19 dengan berbagai kebijakan antara lain pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan (3 m).

Kegiatan vaksinasi dan terakhir ppkm mikro yang dinilai cukup efektif. kita harus bahu-membahu bersinergi dengan instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menekan laju perkembangan covid-19.

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2