Polairud Amankan KM Selvia Diduga Angkut Barang Ilegal - Waspada

Polairud Amankan KM Selvia Diduga Angkut Barang Ilegal

  • Bagikan

 

LANGKAT (Waspada): Satpol Airud Polres Langkat amankan satu unit kapal motor KM Selvia tanpa ABK diduga mengangkut ball press hasil seludupan dari luar negeri di perairan Kwala Serang Jaya, Kab. Langkat, Rabu (2/6).

Kapal kayu KM Selvia berbobot GT.33 No.4074/PPb tanpa ABK (anak buah kapal) tersebut diamankan sementara oleh petugas Satpol Airud di kawasan pelabuhan khusus milik PT Pertamina (Persero) P. Brandan.

Sejumlah warga pesisir mengaku heran kenapa dalam penangkapan ini petugas tidak dapat mengamankan satu orang pun dari ABK. “Kenapa kapalnya saja yang diamankan, ABK-nya pada kemana?” cetus seorang nelayan.

Pantauan Waspada di perairan Babalan, Kamis (3/6), kapal tanpa ABK tersebut tampak sarat muatan yang ditutupi dengan terpal. Di atas kapal terlihat sejumlah petugas Satpol Airud berjaga untuk pengamanan barang bukti.

Salah seorang petugas saat ditanya sejumlah wartawan apa muatan kapal dan dimana persisnya lokasi penangkapan tidak bersedi memberi keterangan. Petugas menyarankan mengkonformasi langsung Kasatpol Airud biar informasinya satu pintu.

Menurut informasi yang diperoleh Waspada, penangkapan ini berawal informasi dari masyarakat bahwa ada satu unit kapal kayu mencurigakan yang sarat muatan kandas di seputaran perairan Kwala Serang Jaya, Kec. Pematang Jaya, Kab. Langkat.

Mendapat informasi ini, petugas yang sedang melakukan patroli di perairan Pangkalansusu dengan Kapal Polisi (KP) II 2026 langsung meluncur menuju lokasi untuk memastikan kebenaran info tersebut.

Hasilnya, petugas menemukan satu unit kapal kayu diduga bermuatan ball press. Kapal ini malam itu juga langsung digiring ke pelabuhan khusus Pertamina yang berlokasi di seberang Desa Kelantan, Kec. Brandan Barat.

Kasatpol Airud Iptu Heru Ediyanto belum berhasil untuk dimintai konfirmasinya terkait penangkapan ini. Telephone selular yang bersangkutan aktif saat dihubungi, namun tidak diangkat. (a10)

 

  • Bagikan