Waspada
Waspada » Pohon Kelapa Cabang Lima
Sumut

Pohon Kelapa Cabang Lima

Seorang warga menunjuk pohon kelapa cabang lima di Dusun VI, Desa Seikepayang Kanan, Kec Seikepayang, Kab Asahan.Waspada/Sapriadi
Seorang warga menunjuk pohon kelapa cabang lima di Dusun VI, Desa Seikepayang Kanan, Kec Seikepayang, Kab Asahan.Waspada/Sapriadi

Informasi dihimpun Waspada, pohon kelapa ini diperkirakan berumur lebih dari 10 tahun, namun saat ini satu cabang putus dan tersisa empat cabang.

“Usianya sekitar 10 tahun, buah cukup lebat, sebelumnya bercabang lima, namun satu sudah putus,” jelas warga Dusun IV, Desa Seikepayang Kanan, Kec Seikepayang, Kab Asahan, Saprizal Panjaitan, saat berbincang Waspada, Senin (30/12)

Dia mengatakan dirinya tidak mengetahui dengan jelas, namun hanya sekedar dugaan, karena disambar petir, sehingga pohon itu tumbuh bercabang lima.

“Tetap berbuah, namun buahnya tidak selebat buahnya seperti dulu,” jelas Saprizal.

Menurut Saprizal, untuk wilayah Seikepayang, pohon kelapa bercabang, sering terjadi, sebelumnya ada kelapa bercabang 12, dan namanya diabadikan dengan nama jalan pedesaan (Jalan Cabang 12) di desa Seilepayang Kanan. Tapi sayang pohon itu tidak bertahan lama.

“Sampai sekarang penyebabnya belum diketahui jelas, hanya sekedar dari mulut ke mulut, karena disambar petir,” jelas Saprizal.

Mutasi Genetik

Sedangkan di lain tempat, Dosen Fakultas Pertanian UNA Asep Rodiansah S.P, M.SI, saat dihubungi Waspada, menuturkan bahwa pohon kelapa yang tumbuh lebih dari satu cabang, dikarenakan mutasi gen yang menyebabkan perubahan tumbuh pada pohon, dan perubahan itu sangat jarang terjadi dan paling banyak dengan perbandingan 10 juta banding 1.

“Itu karena mutasi gen pada pohon, yang disebabkan radiasi matahari sinar lainnya dari langit, dan dibantu faktor lingkungan. Kalau bagi kita ini adalah cacatnya genetik,” jelas Asep.

Menurutnya ini adalah fenomena alam, dan tidak semua tumbuhan bisa seperti itu, apa lagi pohon kelapa.

“Inilah kekayaan alam, alam menunjukkan fenomena,” jelas Safruddin. (a15/a31)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2