PMK Sapi Belum Ditemukan Di Sergai

  • Bagikan

SEIRAMPAH (Waspada): Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yabg juga dikenal sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) pada sapi (lembu) belum ditemukan di Kab.Serdang Bedagai (Sergai), namun ada sekitar 15 ekor sapi yang dicurigai suspek mirip gejala PMK yang telah diambil sampel darahnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kab.Sergai drh.Andarias Ginting MSi yang ditemui Waspada, Kamis (19/5) di kantornya di Desa Firdaus Kec.Sei Rampah menyatakan sejauh ini di Kab.Sergai belum ada ditemukan sapi yang terjangkit PMK.

” Namun ada temuan sekitar 15 ekor sapi di Kec.Dolok Merawan yang kondisinya mirip gejala PMK, sebagai langkah lanjut pihak kita bersama petugas laboratorium (Lab) Balai Veteriner Medan telah mengambil sampel dan sampel lainnya terhadap suspek 15 ekor sapi, Rabu (18/5) kemarin, sapi dengan gejala mirip PMK akibat tertular dari sapi yang berasal dari luar Sergai”, terang drh Andarias.

Diakui Kadis Ketapang, pihaknya hari ini (Kamis) l telah menurunkan petugas dari Dinas Ketapang Sergai turun ke lokasi suspek untuk melakukan pengobatan terhadap 15 ekor sapi berupa antibiotik, vitamin dan anti piretik.

Menurut Kadis Ketapang, dalam waktu dekat pihaknya akan menerima hasil Lab tersebut, pihaknya juga berharap hasil Lab 15 ekor sapi negatif PMK.

” Langkah Pemkab terkait PMK melalui Dinas Ketapang telah melakukan sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan penyakit PMK kepada peternak dan masyarakat, juga menghimbau peningkatan sanitasi dan kebersihan kandang melalui penyemprotan degan desinfektan, lalu lintas hewan juga dihimbau dibatasi, namun lalu lintas hewan kewenangan pihak Provinsi dan karantina”, papar drh Andarias.

Dalam waktu dekat lanjut Kadis Ketapang, pihaknya juga akan melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) sekaligus pembentukan Satuan Tugas (Satgas) lintas sektoral tingkat Kabupaten untuk pencegahan PMK pada sapi, tutupnya. (a15)

Keterangan Foto: Pihak Dinas Ketapang Sergai bersama petugas Lab Balai Veteriner Medan saat melakukan pengambilan sampel darah terhadap suspek 15 ekor sapi dengan gejala mirip PMK di Kec.Dolok Merawan, Rabu (18/5) kemarin. (Waspada/Ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.