Pjs Bupati Toba Harianto Butarbutar Harapkan Pilkada Toba Berlangsung Damai - Waspada

Pjs Bupati Toba Harianto Butarbutar Harapkan Pilkada Toba Berlangsung Damai

  • Bagikan
Pjs Bupati Toba, Harianto Butarbutar bersama istri. Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada) : Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Toba, Harianto Butarbutar berharap pelaksanaan Pilkada Toba berlangsung damai dan terhindar dari penyebaran Covid-19. Hal ini disampaikannya saat ditemui Waspada di Rumah Dinas Bupati pada hari pertama masuk kerja setelah menjabat sebagai Pjs Bupati Toba, Senin (28/9).

Harianto menegaskan penugasannya guna memastikan tugas pemerintahan tidak ternganggu pada masa cuti pasangan incumbent di masa kampanye Pilkada ini. “Saya menjabat sebagai Pjs Bupati Toba setelah dilantik Gubernur Sumut pada tanggal 25 September lalu dan hari ini adalah hari pertama saya masuk kerja di Toba,” terangnya.

Terkait Pilkada Toba yang akan berlangsung 9 Desember 2020 nanti, dia berharap tidak memecah belah persaudaraan yang sudah terbina di kalangan masyarakat. “Apa yang sudah baik selama ini jangan sampai rusak hanya karena perbedaan dukungan pada Pilkada nanti. Saya tidak ingin ada perpecahan di kalangan masyarakat akibat bias dari Pilkada ini,” ujar Harianto Butarbutar tegas.

Selain memikirkan persatuan dan kesatuan masyarakat Toba, dia juga menghimbau seluruh masyarakat agar benar benar menjalankan protokol kesehatan sesuai standard yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Jangan sampai akibat pesta demokrasi ini banyak warga yang jatuh sakit tertular Covid-19. Namanya kita berpesta, harus benar benar kita jaga ketat sampai selesai perhelatan ini semua warga tetap sehat dan bersuka cita,” imbuhnya.

Pada hari pertama kerja, dirinya telah memimpin apel bersama dilanjutkan dengan Cofee Morning dengan seluruh pimpinan SKPD. Dilanjut dengan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toba terkait penerapan pelaksanaan Pilkada dan penerapan protokol kesehatan Pilkada.

“Barusan kita selesai koordinasi dengan KPU, kita percaya dengan kesadaran yang tinggi dari semua elemen masyarakat semoga Pilkada Toba tidak menimbulkan klaster baru Covid-19,” paparnya.

Dalam kontestasi Pilkada Toba, Harianto Butarbutar mengaku akan berada pada posisi netral. “Saya pastikan saya tidak akan pro kemana kemana, kita akan netral,” tegasnya, dalam waktu dekat Harianto juga mengaku akan berkoordinasi dengan seluruh Forkopimda.

*Ini Profil Pjs Bupati Toba

Harianto Butarbutar, 53, merupakan putra asal Toba kelahiran Lubuk Pakam. Mempersunting istri boru Pasaribu, Harianto dikaruniai 3 orang anak, dua laki laki dan satu perempuan.

Sebelumnya, Harianto Butarbutar menjabat sabagai Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Provinsi Sumut. Harianto mengaku dekat dengan Toba karena orangtuanya berasal dari Kecamatan Lumban Lobu, Kab. Toba. “Jadi saya bukan orangbaru lagi sebenarnya di Toba,” paparnya.

Bagi saya Kabupaten Toba tidak asing lagi, selain putra asal Lumban Lobu, saya juga pernah bertugas di Kabupaten Toba selama 3,5 tahun saat menjabat sebagai Kepala Samsat pada tahun 2013 sampai tahun 2016.

“Kultur budaya Toba sudah saya fahami betul. Terlebih Pilkada ini bukan lagi Pilkada pertama, kita berharap bisa berlangsung Pilkada damai. Siapapun yang terpilih nantinya, kira berharap bisa memimpin Kabupaten Toba yang lebih baik,” pungkasnya. (a36)

  • Bagikan