Pilkades Serentak Humbahas, 749 Personel Gabungan Diturunkan

  • Bagikan
KAPOLRES Humbahas, AKBP Ronny Nicholas Sidabutar SH SIK MH memberikan pengarahan dalam apel serpas di Halaman Mapolres Humbahas. Waspada/Ist
KAPOLRES Humbahas, AKBP Ronny Nicholas Sidabutar SH SIK MH memberikan pengarahan dalam apel serpas di Halaman Mapolres Humbahas. Waspada/Ist

DOLOKSANGGUL (Waspada): Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut), akan dilaksanakan, Senin (22/11).

Dalam Pilkades 85 desa secara serentak itu, sebanyak 749 personel gabungan diturunkan untuk pengamanan proses pemungutan dan penghitungan suara (putungsura). Personel tersebut, 584 personel polisi, 105 personel TNI dan 60 personel Satpol PP.

Kapolres Humbahas, AKBP Ronny Nicholas Sidabutar dalam apel pergeseran pasukan (serpas) di halaman Mapolres, Minggu (21/11) sore, mengatakan, personel gabungan pengamanan putungsura itu terdiri dari TNI/Polri dan Satpol PP.

“Pengamanan putungsura Pilkades serentak tahun 2021, sebanyak 749 personel gabungan. Personel tersebut¬† 584 personel Polri, 105 personel TNI dan 60 personel Satpol PP. Personel gabungan ini diharapkan bekerja maksimal mengamankan pilkades di 85 Desa, 181 TPS,” ujarnya.

Dijelaskan, personel Polri dari Polres Humbahas, BKO Brimob Polda Sumut, BKO Dit Samapta Polda Sumut, BKO Bintara Remaja SDM Polda Sumut, BKO Polres Pematangsiantar, BKO Polres Toba, BKO Polres Samosir. TNI dari Kodim 0210/TU dan Satpol PP Kabupaten Humbahas.

Kepada seluruh personel yang bertugas, Kapolres Humbahas mengingatkan untuk selalu menjaga sikap dan perilaku pada saat pengamanan di TPS dan jangan berlaku arogan dan menjaga netralitas. “Personel TNI/Polri tidak dibenarkan membawa senjata api dan sangkur pada saat pengamanan,” tegasnya.

Ditambahkan, sebelum melaksanakan pengamanan, cek kesiapan anggota dengan baik supaya anggota dapat melaksanakan tugas pengamanan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang berlaku.

“Tingkatkan koordinasi dan kerjasama antar petugas pengamanan, antar kesatuan dan pelihara sinergitas yang telah terjalin dengan baik selama ini. Utamakan kesehatan dan keselamatan anggota dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kasi Humas Polres Humbahas, Bripka SB Lolo Bako kepada wartawan mengatakan, H-3 pelaksanaan Pilkades serentak pihaknya bersama personel gabungan melaksanakan patroli skala besar dalam rangka menjaga kekondusifan.

Patroli bermotor itu untuk memantau situasi kamtibmas dalam upaya pencegahan dini potensi konflik dan gesekan masyarakat di desa, agar memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat Kabupaten Humbahas menjelang Pilkades serentak. (cas)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *