Waspada
Waspada » Pilkada Humbahas Bapaslon Tunggal
Headlines Sumut

Pilkada Humbahas Bapaslon Tunggal

KETUA KPUD Humbahas, Binsar Pardamean Sihombing. Pilkada Humbahas Bapaslon tunggal. Waspada/Andi Siregar
KETUA KPUD Humbahas, Binsar Pardamean Sihombing. Pilkada Humbahas Bapaslon tunggal. Waspada/Andi Siregar

DOLOK SANGGUL (Waspada): Hingga hari terakhir masa perpanjangan pendaftaran bakal calon Kepala Daerah (KDh) dalam Pilkada serentak 2020 mendatang, kontestan bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati/Wakil Bupati Kab. Humbang Hasundutan (Humbahas) nihil pendaftar yang akan bertarung dalam Pilkada Humbahas.

Sementara, pada masa pendaftaran di waktu normal, tanggal 4-6 September 2020, hanya satu Bapaslon Bupati/Wakil Bupati yang mendaftar di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kab. Humbahas.

Ketua KPUD Kab. Humbahas, Binsar Pardamean Sihombing kepada Waspada via selulernya, Senin (14/9) mengakui, bahwa pada masa perpanjangan pendaftaran bakal calon KDh yang dibuka 11-13 September 2020, peserta pendaftar dinyatakan nihil. Artinya, hingga Minggu (13/9) pukul 23:59 WIB, tidak satupun Bapaslon Bupati/Wakil Bupati yang mendaftar ke KPUD Humbahas.

Katanya, di waktu normal, masa pendaftaran yang dibuka 4-6 September, peserta yang mendaftar ke KPUD Humbahas hanya satu bakal pasangan calon. Bapaslon tersebut yakni Dosmar Banjarnahor-Oloan Nababan, yang diusung gabungan partai politik (Parpol) pemilik kursi di DPRD Humbahas.

Binsar juga memaparkan, untuk kelanjutan tahapan Pilkada serentak 2020, pihaknya akan melakukan verifikasi syarat calon yang diajukan Bapaslon Dosmar-Oloan. Selanjutnya melakukan tes kesehatan dan penyampaian hasil verifikasi kepada bapaslon.

Bilamana ada perbaikan atas syarat calon maka diberikan waktu kepada kandidat sampai tanggal 22 September, sebelum penetapan Calon Bupati/Wakil Bupati yang akan dilakukan, pada tanggal 23 September mendatang.

Dijelaskan, sesuai dengan Keputusan KPUD Humbahas Nomor: 116/PP.02.Kpt/1216/KPU-Kab/IX/2020 tentang tahapan, program dan jadwal perpanjangan pendaftaran Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Humbahas Tahun 2020, bahwa perpanjangan pendaftaran dilakukan (11-13/9), pemeriksaan kesehatan (11-17/9), verifikasi syarat calon (13-18/9), pemberitahuan hasil verifikasi (17-18/9), penyerahan dokumen perbaikan syarat calon (19-21/9), pengumuman dokumen perbaikan dan verifikasi dokumen perbaikan syarat calon (19-22/9).

“Dari tahap pencalonan atas tahapan Pilkada Humbahas yang telah kita lakukan hingga pada saat ini, bahwa Bapaslon Bupati/Wakil Bupati Humbahas dipastikan tunggal. Kepada Bapaslon tunggal tersebut akan dilakukan pemeriksaan kesehatan, verifikasi dokumen syarat calon. Bila sudah memenuhi syarat calon, maka akan dilakukan penetapan calon pada tanggal 23 September 2020,” pungkasnya. (cas)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2