Waspada
Waspada » Pilkada 2020, Kemenangan Kotak Kosong Ditargetkan 70 Persen
Sumut

Pilkada 2020, Kemenangan Kotak Kosong Ditargetkan 70 Persen

DOLOKSANGGUL (Waspada): Dalam perhelatan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak, 9 Desember 2020, kemenangan kotak (kolom) kosong    ditargetkan mencapai 70 persen atas paslon tunggal di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.

Ketua Umum Forum Peduli Demokrasi Humbang Hasundutan (FPDHH), Barita Purba, usai road show sosialisasi kolom kosong kepada Waspada, via selulernya, Senin (5/10) mengatakan, bahwa sosialisasi kolom kosong melalui melalui road show  FPDHH ke 10 kecamatan se-Humbahas disambut antusias oleh masyarakat.

Dia mengatakan, selama empat hari terakhir, Kamis-Minggu (1-4/10), pihaknya mengunjungi 10 kecamatan. Rute Road show FPDHH, Paranginan- Lintongnihuta-Posko Relawan Kotak Kosong di Dolok Sanggul. Selanjutnya, Onanganjang, Ruangan Plt. Bupati Humbahas-Pollung-Baktiraja-Sijama Polang dan Papatar.

Selama sosialisasi dalam road show FPDHH, kata Barita, masyarakat sangat well come dan mengaku siap membantu dan mendukung pemenangan kolom kosong. Bahkan di Pakkat diperkirakan mencapai 75 persen dan saat ini sudah dibentuk tim sampai ke desa-desa. “Dalam Sosialisasi yang kita lakukan, masyarakat Pakkat, mengaku siap menudukung Kolom Kosong. Demikian juga Parlilitan, Tarabintang dan beberapa kecamatan lainnya di Humbahas,” jelas Barita.

Barita yang sebelumnya, mensosialisasikan diri sebagai bacalon bupati pada Pilkada 2020 itu menambahkan, sebelumnya banyak warga tidak paham dengan kolom kosong. Bahkan beberapa warga sempat terdoktrin bahwa kolom kosong itu dihuni setan/hantu. Namun setelah disosialisaskian, masyarakat mengaku paham dan siap mendukung kolom kosong untuk mewujudkan kedaulatan rakyat yang sesungguhnya.

“Sebelum kita lakukan sosialisasi, masyarakat mengaku sedih. Bahkan, dengan adanya calon tunggal, katanya calon yang ada tinggal menunggu pelantikan tanpa bersusah payah melakukan kampanye. Namun setelah kita lakukan sosialisasi, masyarakat mengaku sepakat dan mendukung kolom kosong,” ujarnya.

Kedepan, lanjut Barita, pihaknya dari FPDHH Jakarta dan Bonapasogit akan terus bersinergi menggalang simpati masyarakat . “Kita optimis, kolom kosong menang pada Pilkada 2020. Sebab dari sosialisasi yang kita lakukan, masyarakat datang secara spontanitas dan berswadaya. Bukan karena kami berikan uang atas pencetakan baliho kolom kosong. Namun masyarakat rela memberikan sumbangan dan menjadi relawan,” tukasnya.

Katanya lagi, pekan depan, pihaknya dari FPDHH Jakarta akan kembali datang secara bergilir dan memberikan sosialisasi bersama FPDHH Humbahas hingga menjelang hari H Pilkada 2020.

Dia juga menyampaikan, bahwa dalam sosialisasi kolom kosong, tim tokoh masyarakat yang sebelumnya mensosialisasikan diri manjadi balon bupati sudah bergabung dalam FPDHH. Beberapa  tim tersebut adalah tim Barata (Baginda-Rajin), tim Harri Marbun, tim Antoni Pasaribu, dan tim Barita Purba. “Semua menjadi satu barisan memenangkan untuk memenangkan kotak kosong,” imbuhnya.

Disela sosialisasi kolom kosong ini, pihaknya juga akan melakukan diskusi dan edukasi pemenangan kolom kosong. Serta menyiapkan advokasi yang siap membela kolom kosong hingga ke MK. “Jika kolom kosong menang, potensi gugatan ke MK sangat terbuka. Untuk itu sedini mungkin, kita siapkan advokad yang siap membela kolom kosong,” tukasnya.

Dalam road show sosialisasi kolom kosong, lanjut Barita, semua pengurus FPDHH turun dari Jakarta. Beberapa pengurus FPDHH itu, Yanto Sihotang (Ketua Dewan Pembina), Januar Lumban Gaol (Ketua Dewan Penasehat), Barita Purba (Ketua Umum), Herbinto Manullang (Waket I), Sadar Sinaga (Waket II), Carly Lumban Gaol (Sekertaris Umum), Hotasi Simamora (Bendahara Umum) dan Exaudi Manullang Bidang Hukum. (a08/cas)

Keterangan Foto.
SOSIALISASI Kolom Kosong disambut antusias oleh masyarakat (Foto Waspada/Ist)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2