Waspada
Waspada » Peserta Visitasi Kepemimpinan Nasional Tingkat II Tabur Benih Ikan Di Pantai Hatulian
Sumut

Peserta Visitasi Kepemimpinan Nasional Tingkat II Tabur Benih Ikan Di Pantai Hatulian

 

TOBA (Waspada) : Peserta Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) Tingkat II angkatan ke V tahun 2021 mengadakan tabur benih ikan di Pantai Hatulian, Desa Raja Hatulian, Kec. Laguboti, Kab. Toba, Jumat (23/4).

11 orang peserta VKN beserta Pembimbing VKN, Dr.Ir.H.Adiwijaya,Ph.D dari Kementrian PUPR didampingi Asisten II Pemkab Toba, Sahat Manullang, Kabag Pembangunan, Camat Laguboti Sesmon Butarbutar, Camat Laguboti, Pintor Pangaribuan dan Kasi Pidum Kejari Tobasa, Richard Sembiring menaburkan 1.500 ekor benih ikan jenis ikan mas yang diharapkan akan berkembang dan mampu meningkatkan pendapatan nelayan dari hasil ikan tangkap kelak.

Pembingbing VKN, Adiwijaya menyampaikan, kehadiran peserta VKN di Kabupaten Toba dalam rangka pelatihan kepimpinan yang diikuti oleh pegawai Kementrian PU, Kementrian Desa Tertinggal, Kepolisian, Kejaksaan, KPK dan Instansi Daerah.

“Kami sedang mengadakan visitasi untuk melihat kemungkinan setelah Danau Toba terpilih sebagai KSPN kegiatan apa yang akan diterapkan di wilayah ini. Kita mencari data dimana kunci suksesnya, dan hasil data yang kami terima salah satunya adalah dengan membersihkan keramba,” ujar Adi Wijaya.

Pihaknya menyadari, pembersihan keramba akan berdampak langsung terhadap menurunnya populasi ikan untuk dikonsumsi masyarakat dan akan menjadi masalah. Maka pihaknya berinisiatif untuk melakukan pelepasan benih ikan secara bebas, supaya ikan itu bisa berkembang tanpa proses keramba dan setelah besar bisa ditangkap kembali oleh para nelayan sekitar.

“Kami baru mendapatkan informasi dari instansi terkait apa saja kesiapan untuk menerima KSPN, lalu kami akan analisa dan pelajari kira-kira apa yang dibutuhkan masyarakat dalam pengembangan KSPN ini,” imbuhnya.

Selama ini, produksi ikan dalam jumlah besar lewat KJA telah
menimbulkan  limbah yang bersumber dari makanan dan kotoran ikan.

“Jika terlalu banyak dalam kondisi terkurung tentu akan menghasilkan pencemaran, dan berdasarkan hasil penelitian beberapa peneliti, DOD air danau Toba cukup tinggi, agar airnya kembali bersih maka harus dilakukan penyeimbangan volume.
Pencemaran tergantung kepada volume, semakin tinggi volume KJA maka pencemaran semakin  tinggi,” paparnya.

Mewakili Bupati Toba, Asisten II Sahat Manullang mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta VKN yang telah berpartisipasi melakukan restocking benih ikan di Danau Toba.

“Atas nama Bupati Toba, saya mengucapkan terimakasih. Kita berharap ke depan semakin banyak organisasi dan komunitas yang turut serta membantu kita menangani Danau Toba dalam bentuk restocking ikan. Kita sedang semangat-semangatnya mengurangi KJA, dengan restocking ini kita harapkan Kopdakan akan terbantu nantinya untuk meningkatkan  hasil ikan tangkap,” pungkas Sahat Manullang.

Adapun 11 peserta KVN ini antara lain; Krisno Yuwono, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementrian PUPR, Agung Hari Prabowo,
Kasubdit Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Kementrian PUPR,
Aswin Grandiarto Sukahar, Kasubdit Wilayah 11 Kementrian PUPR, Arfin,
Kasubdit Koordinasi Kerjasama Investasi pada Direktorat Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal
Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementrian PUPR.

Fransiska Dini Ambarsari,
Kepala Bagian Kerja Sama Luar Negeri pada Biro Perencanaan Anggaran dan Kerja Sama Luar Negeri, Sekretariat Jenderal Kementrian PUPR, Muh. Fachri,
Direktur Advokasi dan kerjasama Desa dan Perdesaan pada Direktorat
Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes.

Jurist Precisely Sitepu, Kepala Sub Direktorat Barang Cetakan dan Media Komunikasi pada
Direktorat Sosial Budaya Kemasyarakatan pada Jaksa Agung Muda Intelijen Kejaksaan RI, Tessa Mahardika Sugiarto, Kasatgas Penyidikan Kedeputian Penindakan KPK, Deni Rifdriana, Kepala Dinas PUPR Kab.Sumedang, Agung Prabowo, Kasubbag Latfung Bagbinfung Rorenmin Bareskrim Polri, Herry Suryanto, Penyidik Muda KPK. (a36)

Keterangan foto :Peserta Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) Tingkat II angkatan ke V tahun 2021 mengadakan tabur benih ikan di Pantai Hatulian Laguboti. Waspada/Ramsiana Gultom

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2