Waspada
Waspada » Pertamina EP Pangkalansusu Raih Penghargaan Proper Hijau Dari Menteri LHK
Sumut

Pertamina EP Pangkalansusu Raih Penghargaan Proper Hijau Dari Menteri LHK

FIELD Manager, PT Pertamina EP, M Luthfi Ferdiansyah, didampingi HSSE Asisten Manager, Ery Westriansyah, dan Legal & Relation Asisten Manager, Imam Rismanto, menerima penghargaan Proper Hijau dari KLHK. Waspada/Ist
FIELD Manager, PT Pertamina EP, M Luthfi Ferdiansyah, didampingi HSSE Asisten Manager, Ery Westriansyah, dan Legal & Relation Asisten Manager, Imam Rismanto, menerima penghargaan Proper Hijau dari KLHK. Waspada/Ist

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, kepada Pangkalansusu Field Manager PT Pertamina EP, M. Luthfi Ferdiansyah di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (8/1).

Proper Hijau tersebut bagian dari 14 Proper Hijau dan 4 Proper Emas yang diraih oleh Pertamina EP. Sesuai Keputusan Menteri LHK No: 127 Tahun 2002, Proper Hijau merupakan penghargaan atas usaha pihak perusahaan mengelola lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan.

Siaran pers yang diterima Waspada dari Legal & Relation Asisten Manager Pertamina EP Pangkalansusu menjelaskan, Wapres Maruf Amin pada momen tersebut mengatakan, perusahaan harus mempertahankan dan meningkatkan ketaatan terhadap peraturan lingkungan hidup dalam setiap kegiatan operasionalnya.

“Ketaatan ini mesti dijaga, karena bila ketidaktaatan terjadi dalam bentuk pencemaran dan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh operasi industri yang tidak ramah lingkungan, maka sama halnya dengan merampas dan mengabaikan hak orang lain,” ujarnya.

Sementara itu, Pangkalansusu Field Manager, PT Pertamina EP, M. Luthfi Ferdiansyah menegaskan, perusahaan harus memberikan dampak yang positif di sekitar wilayah operasi dengan menjalin sinergisitas yang baik, melalui program pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Dia menyatakan, PEP Pangkalansusu sejak tahun 2013 telah mendapatkan penghargaan Proper Hijau melalui program pemberdayaan yang sudah dilakukan di antaranya ekowisata mangrove, kader lingkungan, bank sampah, program pemberdayaan masyarakat melalu kerajinan purun dan sulam, budidaya lele, udang, kepiting, serta rumah baca.

Proper, lanjutnya, merupakan program penilaian dari pemerintah tentang kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diatur dalam Permen Lingkungan Hidup No: 3 Tahun 2014 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper-LH).

Program Proper adalah salah satu program unggulan KLHK yang dikembangkan sejak 2002 dengan tujuan mendorong tingkat ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup dan mendorong inovasi dalam pengelolaan sumber daya alam dan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi. (a02)

Teks Foto:

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2