Peringati Sumpah Pemuda Barisan Milenial Toba Aksi Bersih Di Makam Sisingamangaraja XII

Peringati Sumpah Pemuda Barisan Milenial Toba Aksi Bersih Di Makam Sisingamangaraja XII

  • Bagikan
KOLASE peringatan hari Sumpah Pemuda ke-92 oleh Barisan Milenial Toba, Rabu (28/10). Waspada/Ramsiana Gultom
KOLASE peringatan hari Sumpah Pemuda ke-92 oleh Barisan Milenial Toba, Rabu (28/10). Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada): Komunitas milenial yang tergabung dalam Barisan Milenial Kabupaten Toba memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92 dengan menziarahi makam Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII di Sopo Surung Balige, Kabupaten Toba, Rabu (28/10).

Usai ziarah, mereka melanjutkan aksi bersih di sekitar makam sebagai bentuk bakti dan penghormatan terhadap Raja Sisingamangaraja XII yang semasa hidupnya lewat catatan sejarah dikenal sebagai raja gagah, berani dan sakti.

“Lewat peringatan Hari Sumpah Pemuda hari ini, kita ingin meneladani semangat juang, keberanian, dan kepemimpinan Pahlawan Sisingamangaraja XII. Selaku generasi muda kita tidak ingin melupakan sejarah tapi tetap belajar dari sejarah itu sendiri,” ujar Ketua Barisan Milenial Kabupaten Toba, Mekar Sinurat, SH didampingi Sekretaris Sanjay Baringbing dan Bendahara James Doloksaribu.

Usai melakukan aksi bersih di makam Pahlawan Sisingamangaraja XII, massa berjumlah 80 orang perwakilan dari 16 kecamatan se-Kabupaten Toba bergerak ke Bundaran DI Panjaitan Balige untuk melanjutkan orasi dengan ditandai pembentangan bendera merah putih sepanjang 28 meter.

Mekar Sinurat dalam orasinya menyampaikan bahwa barisan milenial harus bergerak dan menjadi bahagian penting dalam pembangunan dan penerintahan Toba.

Tak hanya itu, Mekar juga mengajak pemuda untuk merefleksikan diri dan melanjutkan semangat juang para pahlawan dan para pemuda yang telah berjuang demi kemerdekaan NKRI.

Tak luput, Mekar juga menghimbau seluruh kaum milenial Toba untuk turut berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi yang akan berlangsung pada pelaksanaan Pilkada Toba 9 Desember 2020.

Usai orasi, Barisan Milenial Toba mendeklarasikan dukungan politik kepada pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 1 Poltak Sitorus dan Tonny Simanjuntak.

Mereka juga mengajak kaum milenial Toba untuk memilih pasangan calon yang pro pada demokrasi dan perubahan serta peduli dengan nasib generasi muda, dalam hal ini merujuk pada pasangan calon Poltak-Tonny.

“Untuk sampai pada tahap memberikan dukungan kepada salah satu pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati kita melewati proses panjang dan berdiskusi cukup alot. Kita sadar betul bahwa barisan milenial membutuhkan pemimpin yang bisa melahirkan dan membawa gagasan perubahan di Kabupaten Toba sampai akhirnya kita memutuskan untuk mendukung pasangan Poltak-Tonny. Sempat kita jajaki berdiskusi dengan Calon Petahana, sayangnya tidak mendapat respon yang bagus, sementara pasangan Poltak-Tonny langsung menyambut ide dan gagasan yang kita sampaikan. Itu alasan kita hingga akhirnya hari ini kita mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Poltak-Tonny,” pungkas Mekar.

Deklarasi dukungan Barisan Milenial Toba dihadiri langsung Calon Bupati Poltak Sitorus bersama istri Rita Marlina br Sitinjak.

Usai deklarasi, Poltak Sitorus menyambut dan berterimakasih atas kepercayaan generasi milenial kepada pasangan Poltak-Tonny yang akrab dipangill Pol-Ton.

“Saya sebagai Calon Bupati mengajak seluruh generasi milenial Toba menjadi agen perubahan. Saya menyatakan siap menggandeng seluruh pemuda jika terpilih jadi Bupati bekerjasama untuk menciptakan lapangan kerja. Mengembangkan program pelatihan bagi generasi muda termasuk pengembangan usaha mikro berbasis kreativitas. Memberikan beasiswa bagi para pelajar dan mahasiswa berprestasi, meningkatkan prestasi olahraga dan membangun fasilitas penunjang olahraga yang selama ini kita nilai minim di Kabupaten Toba. Kami sadar betapa besar dan pentingnya peranan pemuda, maka kami akan bekerja keras menempatkan pemuda sebagai posisi penting untuk membawa perubahan dan pembangunan di Kabupaten Toba ini. Doa dan dukungan yang disampaikan akan menjadi kenyataan jika seluruh kaum barisan milenial Toba berpartisispasi memberikan hak pilih pada Pilkada 9 Desember nanti dengan memilih pasangan nomor urut 1 Poltak-Tonny,” kata Poltak.

Acara dilanjutkan dengan upacara singkat di Tugu Pahlawan Revolusi Jendral DI Panjaitan.

Kehadiran massa Barisan Milenial Toba lengkap dengan seragam berwarna merah darah turut menarik perhatian warga Kota Balige.

Terlihat banyak warga yang melintas akhirnya berhenti dan berdiri menyaksikan aksi para pemuda ini, bahkan dari halaman kios yang berjejer di sekitaran Bundaran Tugu DI Panjaitan sekita terlihat ramai. (a36)

  • Bagikan