Waspada
Waspada » Perbaikan Ruas Jalan Mendesak Akibat Tergenang Air
Sumut

Perbaikan Ruas Jalan Mendesak Akibat Tergenang Air

TANAH KARO (Waspada): Antisipasi kerusakan ruas Jln. Udara di kawasan Tangkulen Kec. Berastagi makin parah akibat genangan air setiap saat, Dinas PUPR Kabupaten Karo berencana menormaliasi saluran drainase.

Pasalnya, saluran drainase di kawasan itu sudah dangkal dan tertutup sedimen sehingga ditumbuhi rumput yang menyumbat arus air yang mengalir.
Kadis PUPR Kabupaten Karo Edward Pontianus Sinulingga ST didampingi Kabid Binamarga Hendra Mitcon Purba bersama Anggota DPRD Karo Dodi Sinuhaji, Senin (14/9) meninjau lokasi itu.
Pasalnya, warga yang setiap hari melintasi pada ruas jalan di jurusan itu mengeluhkan kondisi kerusakan itu.
Sialnya lagi bagi pengemudi yang belum memahami kondisi jalan, menyebabkan mobilnya masuk ke lobang jalan yang rusak karena permukaan jalan ditutupi air setiap saat.
Kadis PUPR Kabupaten Karo Edward Pontianus Sinulingga ST kepada wartawan mengatakan, perbaikan ruas jalan yang rusak ini perlu segera diperbaiki mengingat jurusan ini padat lalulintas.
Untuk tahap pertama penanggulangan kata Edward, pihaknya terlebih dahulu membersihkan saluran drainase dari tumpukan sedimen yang membuat pendangkalan mengakibatkan air tergenang. Setelah saluran drainase lancar, maka ruas jalan akan diperbaiki, katanya.
Edward Sinulingga juga mengharapkan kerjasama masyarakat setempat untuk menjaga saluran drainase agar tidak tumpat.
Menurutnya, perbaikan jalan di Jln. Udara kawasan Tangkulen akan dikerjakan tahun ini setelah perbaikan pada ruas jalan ke Perumahan Korpri Kec. Berastagi.
Ia meminta kesabaran masyarakat sedikit untuk perbaikan jalan di kawasan Tangkulen dan jalan ke Perumahan Korpri. Sebab sesuai agenda perbaikan rutin, ke dua jurusan ini akan rampung tahun 2020, jelasnya.
Ditempat terpisah Anggota DPRD Karo Doddi Sinuhaji kepada Waspada menyebutkan, perbaikan jalan yang rusak itu memang sangat mendesak, guna mengantisipasi anggaran perbaikan yang semakin membengkak akibat volume jalan rusak makin lebar.
Ada tiga aspek yang perlu diperhatikan dalam hal perbaikan jalan kata Doddi. Pertama adalah sosial masyarakat, lingkungan hidup dan keekonomian masyarakat.
Sistem perbaikan yang dilakukan Dinas PUPR Karo hendaknya melibatkan masyarakat, pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan.
Sejauh ini, permasalahan pembuangan air saluran drainase belum dapat titik temu dengan masyarakat, karena topografi ruas jalan bukan menurun, sehingga munculnya genangan air pada ruas jalan yang rusak, diakibatkan tidak ada pembuangan, jelasnya. (a06

Waspada/Ist
Anggota DPRD Karo Doddi Sinuhaji saat meninjau jalan rusak di kawasen Tangkulen

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2