Waspada
Waspada » Penyekatan Hari Keempat, Kota Balige Sepi 
Sumut

Penyekatan Hari Keempat, Kota Balige Sepi 

Penyekatan hari keempat, kota Balige semakin sepi. Waspada/Ramsiana Gultom

 

TOBA (Waspada) : Penyekatan kendaraan pemudik dalam rangka mengurangi penularan Covid-19 di masa liburan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah telah memasuki hari keempat.

Kota Balige yang biasanya dipadati kendaraan pribadi dan kendaraan umum yang melintas hari ini terlihat semakin sepi.

Hanya beberapa kenderaan roda empat plat BB dan roda dua serta becak yang sesekali melintas di jalan lintas Sumatera, tepatnya sepanjang jalan Sisingamangaraja Balige, Minggu (9/5).

Petugas Pos Pengamanan Lebaran 2021 di Pospam Bundaran Balige, Kanit Lantas Polsek Balige, Ronny Hutauruk saat ditemui di Pospam Balige mengatakan Kota Balige di hari keempat penyekatan ini benar-benar sepi.

“Kondisi dua tahun lalu itu benar-benar berbeda sekali dengan liburan Idul Fitiri tahun ini.”

“Kita bahkan kerap kewalahan akibat macet berkepanjangan kendaraan pemudik mulai 5 hari sebelum lebaran hingga 5 hari setelah lebaran,” ujarnya.

Dibandingkan libur lebaran tahun 2020 lalu, libur Idul Fitri tahun ini dikatakannya jauh lebih sepi lagi.

Tahun lalu meski sudah terjadi pandemi Covid-19 dan  sudah ada larangan mudik, tapi belum seketat tahun ini.

“Karena masyarakat masih banyak yang belum percaya bahaya Covid-19 karena masih baru-baru terjadi, sehingga masih banyak yang melanggar larangan mudik itu.”

“Saat ini, masyarakat sudah semakin sadar bahaya penyebaran Covid-19 dan pemerintah semakin tegas memberikan sanksi bagi pemudik yang membandel, makanya jalanan semakin sepi,” imbuh Ronny.

Sebelumnya, Pemkab Toba bersama Forkopimda telah menetapkan tiga titik posko penyekatan di Kabupaten Toba.

Perbatasan dengan Kabupaten Simalungun di Aek Natolu, Kec. Lumban Julu, Perbatasan dengan Kabupaten Asahan di Simangkuk, Kec. Parmaksian dan Perbatasan Kabupaten Tapanuli Utara di Longat, Kec. Tampahan. (a36)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2