Waspada
Waspada » Penyaluran BST Sesuai Protokol Kesehatan
Sumut

Penyaluran BST Sesuai Protokol Kesehatan

Waspada/Panitra Nedy Petugas Sekuriti mengecek suhu tubuh dan menghimbau KPM menggunakan masker sebelum memasuki halaman kantor pos untuk pencairan BST

KABANJAHE (Waspada): Kantor Pos Kabanjahe sebagai penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak COVID-19, menerapkan sistem kedisiplinan protokol kesehatan mencegah munculnya cluster baru di saat pencairan.

Sistem penerapannya diwajibkan memakai masker, menjaga jarak, sering cuci tangan, dilarang berdesakan dan sebelum memasuki area, sekuriti memeriksa suhu badan dengan thermogun.

Hal ini disebutkan Kepala Kantor Pos Kabanjahe Agus Tambunan didampingi Ketua Satgas Penyaluran BLT Kab. Karo, Dairi dan Pakpak Bharat Tangkas Ferdinan Ginting kepada Waspada, Kamis (9/7) di Kabanjahe.

Menurutnya, untuk penyaluran BST tahap ke tiga, ada pengurangan jumlah penerima manfaat, karena nama penerima pada daftar nominatif (danom) sebelumnya, tidak muncul lagi.

Penyusutan jumlah penerima BST pada tahap ke tiga ini sesuai data yakni di Kabupaten Karo sebanyak 16.253 KPM dari sebelumnya 17.884 KPM, Kabupaten Dairi 16.069 KPM dari sebelumnya 17.165 KPM dan Pakpak Bharat 4.001 KPM dari sebelumnya 5.189KPM.

Pihak kantor Pos Kabanjahe mulai melayani penerima manfaat tahap ke tiga ini, Selasa (7/7) hingga Rabu (15/7).

Dalam priode pencairan BST tahap tiga ini, pihak penyalur juga melayani KPM mencairkan BST tahap satu dan dua, karena rekening KPM yang sudah pernah terblokir sebelumnya oleh sistem pembayaran Pos Giro Cash (PGC), kembali terbuka, tambah Tangkas Ferdinan.

Untuk itu, dihimbau kembali kepada Lurah dan Kepala Desa agar segera mengingatkan warganya untuk menerima haknya sebagai KPM sebelum rekeningnya kembali diblokir oleh sistem PGC, jelasnya.

Menjawab Waspada tentang petunjuk pemerintah Pusat untuk melanjutkan pembayaran BST kepada warga yang terdampak COVID-19, Tangkas Ferdinan Ginting menyebutkan sejauh ini, pihaknya belum menerima petunjuk dari Pemerintah Pusat.

“Andai kata, ada lagi penyaluran lanjutan terhadap BST ini, pihak Kantor Pos masih tetap siap mengemban program Pemerintah Pusat”, tandasnya.(a06)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2